Mengapa Orang Bermata Biru Lebih Spesial?

Mata biru.
Mata adalah jendela bagi kita untuk melihat dunia luar. Dengan mata kita bisa melihat keindahan alam ini, mulai dari daratan, lautan, hingga birunya langit.

Mata juga kini dijadikan proses identifikasi, layaknya sidik jari. Karena retina mata setiap orang berbeda-beda, sekaligus unik. Demikian juga dengan warna mata, ada yang cokelat hingga biru.

Tetapi tahukan Anda, jika mereka yang memiliki mata biru begitu spesial? Seperti apa panjelasannya? Simak ulasannya berikut ini.

Gadis Bak Boneka Ini Klaim Tak Lakukan Operasi Plastik

1. Mata biru tidak memiliki warna. Bahkan, mata mereka mendapatkan warna dari cahaya di sekelilingnya. Untuk lebih spesifik, setiap mata memiliki iris, yang terdiri dari dua lapisan yang berbeda, epitel di belakang dan stroma di depan. Epitel hanya setebal dua sel, terdiri dari pigmen hitam-coklat. Ketika epitel dilalui cahaya akan menghasilkan bintik gelap di mata.

Di sisi lain ada stroma yang terbuat dari serat kolagen berwarna. Kadang-kadang mengandung pigmen melanin, dan deposit kolagen. Kedua hal ini, melanin dan kolagen, sebenarnya menentukan warna mata seseorang.

Menurut Sains:

"Mata biru cukup menarik, warna mereka sepenuhnya struktural. Orang dengan mata biru memiliki stroma benar-benar tidak berwarna dan tanpa pigmen sama sekali, juga tidak mengandung deposito kolagen berlebih. Ini berarti bahwa semua cahaya yang masuk akan tersebar ke atmosfer, akibatnya terjadi efek Tyndall, menciptakan warna biru."

2. Seorang peneliti Denmark menemukan bahwa, ada hubungan kekerabatan setiap orang bermata biru di dunia. Menurut hasil studi, semua manusia yang bermata biru masih berkerabat sekitar 6,000-10,000 tahun yang lalu. Mata biru pertama kali muncul ribuan tahun yang lalu, karena proses mutasi yang menyebabkan beberapa orang untuk memiliki mata biru. Yang paling mengejutkan adalah, orang-orang bermata biru kemungkinan diturunkan dari satu nenek moyang.

"Penelitian baru menunjukkan bahwa orang dengan mata biru memiliki satu nenek moyang. Para ilmuwan telah melacak mutasi genetik yang berlangsung 6,000-10,000 tahun yang lalu, dan mencari penyebab dari warna mata bermata biru."


Fenomena Kemunculan 'Tiga' Matahari di Rusia

3. Warna mata biru begitu mudah menarik perhatian orang lain. Tidak heran jika warna mata ini yang paling diinginkan orang-orang di dunia. orang bermata biru cenderung cinta damai, cerdas, murah hati dan awet muda. Mungkin ini yang membuat orang bermata biru begitu menarik bagi orang lain.

sumber: Healthy Food Team
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...

1 Response to "Mengapa Orang Bermata Biru Lebih Spesial?"

  1. Halah biasa aja, Hijau, Biru, Coklat, Hazel, atau hitam sekalipun semua warna mata ya special.

    ReplyDelete