Terlantar dan Kelaparan, Orangutan Ini Diselamatkan Bule

Orangutan bernama Bujing. Foto
Orangutan adalah salah satu binatang asli Indonesia, dan biasanya bisa kita temui di alam bebas Sumatera dan Kalimantan. Namun populasinya kian mengkhawatirkan, dan menurun tiap tahunnya.

Penebangan hutan menjadi salah satu penyebab hewan endemik ini diambang kepunahan. Selain itu, kebakaran hutan dan perburuan liar juga ikut andil terhadap penurunan populasi orangutan.

Tidak banyak organisasi yang melindungi habitat orangutan, dan mereka biasanya datang dari warga negara asing. Salah satunya bule yang satu ini, yang menemukan orangutan kelaparan dan terlantar di salah satu rumah warga.

Gunakan Kayu, Orangutan Cek Dalamnya Sungai Saat menyeberang

Sebuah organisasi konservasionis dan pecinta binatang Australia, telah menceritakan kisah memilukan dari orangutan lembut bernama Bujing, yang menderita kelaparan sebelum diselamatkan oleh organisasinya.

Kylie Bullo, Manajer Proyek Konservasi untuk The Orangutan Project yang berbasis di Perth, kerap melakukan perjalanan secara teratur ke Indonesia untuk membantu menemukan dan merehabilitasi makhluk lembut yang ditangkap.

Sementara itu, Bujing dicuri dari induknya yang sudah mati saat ia masih bayi, lalu dijual sebagai hewan peliharaan seharga Rp1 juta dan kemudian disimpan dalam kondisi mengerikan di Sungai Bengaras, Kalimantan Barat, Kalimantan.

Sekarang di usianya yang ke sembilan tahun, hewan kurus telah dirantai dan disimpan di samping rumah desa selama empat tahun.

Namun setelah mencari tahu tentang nasib Bujing ini Bullo menyelenggarakan proyek yang didanai Response, dan bepergian dalam kondisi sulit selama lebih dari delapan jam untuk menyelamatkannya.

"Ketika Tim Penyelamat tiba kami menemukan Bujing dirantai ke samping rumah. Dia sangat kurus dan tidak memiliki rambut karena kekurangan gizi. "Pemilik" Bujing mengatakan bahwa ketika ia masih muda mereka secara teratur memandikan dan memberinya susu," kata Bullo kepada Daily Mail Australia.

Sedih, Bayi Orangutan Ini Ditemukan Menangis dan Sendirian

Sejak diselamatkan, Bujing mengalami perkembangan di pusat penyelamatan. Rambutnya kini tumbuh kembali dan ia telah menambah berat badan berkat diet sehat barunya.

loading...

1 Response to "Terlantar dan Kelaparan, Orangutan Ini Diselamatkan Bule"

  1. Selama perekonomian di negara ini masih buruk. Disaat itulah kemanusiaan ikut terlantar. Tidak peduli akan sekitar

    ReplyDelete