Melihat Kuburan Ratusan Rumah Mewah Seharga Rp24 Triliun

Kuburan rumah mewah. Foto
Bisnis properti memang sangat menggiurkan, terutama keuntungan yang akan didapatkan oleh para pengembangnya. Apalagi setiap tahun, tidak ada properti yang akan turun harganya, bahkan bisa naik berkali-kali lipat.

Maka tidak heran, jika banyak sekali pengembang baik yang berskala besar maupun kecil tumbuh. Namun terkadang, tak selamanya bisnis properti memberikan keuntungan yang berlimpah apalagi jika salah strategi.

Banyak sekali rumah yang ditinggalkan pemiliknya, bahkan banyak pemukiman yang akhirnya terbengkalai, meskipun ditaksir memiliki harga yang sangat fantastis. Salah satunya perumahan mewah yang satu ini, yang kini menjadi 'kuburan.'

Kisah Kuburan yang Berada di Tengah Jalan


Foto-foto memukau beredar dari salah satu 'kota hantu' terbesar di Cina, di mana ratusan rumah mewah telah dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Rumah-rumah mewah yang berada di kota Zhengzhou ini, justru menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya rumput liar. Dan rumah-rumah ini membuat pengembangnya rugi sekitar Rp24 triliun, akibat kehabisan uang di tengah jalan.

Pengembang Li Hai Group, kala itu membeli tanah seluas 164 hektare. Rencana awalnya adalah untuk mengembangkan 397 rumah mewah, yang masing-masing menawarkan setidaknya luas sebesar 150 meter persegi, yang akan menjual seharga Rp29 miliar per unitnya.

Kuburan rumah mwah.
Bahkan, delapan unit rumah mewah yang terletak di tepi danau, telah dilengkapi dengan dermaga tersendiri. Dan rumah-rumah ini memiliki beberapa lantai, yang dianggap sangat mewah.

Pada bulan Juli 2013 hingga April 2014, perusahaan berhasil menjual lebih dari 200 rumah mewah di sini untuk calon pemilik rumah.

Tapi, menurut Harian Rakyat, pengembang dianggap melanggar peraturan yang menyebabkan proyek diblokir oleh pemerintah setempat. Akhirnya, pengembang kehabisan uang dan terpaksa membatalkan proyek pada tahun 2015.

Tanpa ada yang mengambil alih proyek mahal ini, ratusan rumah tersebut kini terbengklai. Dan banyak dari rumah-rumah ini sudah ditumbuhi rumput liar.

Ditinggalkan Pemiliknya yang Kaya, Mobil Mewah Jadi 'Zombie'

Di balik gerbang terkunci, gulma, semak-semak dan bahkan pohon bermunculan di sekitar rumah. Di China, ini bukanlah yang pertama kali terjdi, kota-kota kosmopolitan seperti Tianjin pun kini menjadi kota mati padahal di sana fasilitas sudah sangat lengkap.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Melihat Kuburan Ratusan Rumah Mewah Seharga Rp24 Triliun"

Post a Comment