Tambang Termahal Ini Mampu 'Hisap' Helikopter ke Dalamnya

Tambang Mir di Seiberia. Foto
Tanah menyimpan sejuta kekayaan yang masih terkubur, baik itu berupa bahan bakar fosil, logam berharga, hingga batu permata. Namun tidak mudah untuk mencari dan menggali kekayaan yang tersimpan di dalam tanah.

Bahkan dibutuhkan biaya yang cukup besar, dengan waktu yang sangat banyak aar sumberdaya alam tersbeut bisa dipergunakan dan didapatkan. Maka tidak heran, jika beberapa tambang di dunia ini memiliki ukuran yang sangat besar.

Bahkan beberapa tambang membuat 'luka' di bumi, dengan terbentuknya lubang besar dan menganga. Lantas apakah Anda tahu, lubang yang paling mehal yang pernah dibuat manusia? Ini dia jawabannya.

Di Gurun, Penambang Temukan Harta Kapal Karam Senilai Rp180 Miliar

Dengan nilai yang diharapkan dari £13 miliar atau sekitar Rp260 triliun, ini bisa menjadi lubang yang paling mahal di dunia.

Dijuluki 'Diamond City', tambang Mir di Siberia timur ini begitu besar, sehingga menciptakan pusaran yang berpotensi cukup kuat untuk menyedot helikopter ke kedalamannya.

Kedalaman lubang ini sekitar 530 meter dan diameter lebih dari satu kilometer, lubang ini mirip kawah yang terbentuk di kota Mirny akibat hantaman meteorit.

Kekayaan di tempat ini mengubah Uni Soviet dari negara miskin menjadi negara adidaya, pasca Perang Dunia Kedua.

Meskipun tambang terbuka sudah dihentikan operasinya pada tahun 2004, namun serangkaian penggalian terowongan bawah tanah terus dilakukan untuk mencari berlian. Dan benar saja, tambang ini menghasilkan lebih dari enam juta karat berlian kasar pada tahun 2014.

Tambang Mir saat ini dimiliki oleh perusahaan asal Rusia, Alrosa, dan memproduksi sekitar seperempat produksi berlian dunia. Pada tahun 2010, sebuah perusahaan konstruksi yang disebut AB Elise mengumumkan rencananya, untuk membangun sebuah kota kubah raksasa di bekas tambang tersebut.

Perusahaan itu mengatakan akan menggunakan energi surya, untuk mengaliri listriknya. Namun untuk mewujudkannya, tambang bawah tanah harus berhenti terlebih dahulu.

Ditemukan Cadangan Emas Terbesar di Bumi

Untuk ukuran berlian terbesar yang pernah ditemukan sebesar bola golf, dengan berat 130,85 karat dan bernilai sekitar £250.000 atau Rp5 miliar.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tambang Termahal Ini Mampu 'Hisap' Helikopter ke Dalamnya"

Post a Comment