70 Tahun Berlalu, Foto-foto Mengerikan Bom Nagasaki Baru Terkuak

Kehancurn akibat bom atom di Nagasaki. Foto
Dunia fotografi selalu bisa menceritakan di balik foto-foto yang dihasilkannya, baik berupa kesedihan mendalam hingga kebahagiaan. Dalam sebuah gambar, ada beragam cerita yang bisa kita ambil hikmahnya.

Demikian juga dengan foto-foto yang diambil sehari setelah kota Nagasaki, Jepang, dihantam  bom atom yang meluluhlantakkan kota tersebut. Kita bisa melihat kisah pilu dn kesedihan yang mendalam, saat melihat foto-foto tersebut.

Namun sayangnya, setelah 70 tahun berlalu foto-foto ini baru terkuak ke ranah publik. Lantas kemana foto-foto ini tersimpan selama 70 tahun lamanya?


Koleksi foto menyedihkan yang diambil oleh Yosuke Yamahata, seorang fotografer militer Jepang, menunjukkan bagaimana kota Nagasaki rata dengan tanah, kematian massal dan penderitaan korban terlihat setelah kota tersebut di ledakan oleh nuklir.

Yamahata bertugas mendokumentasikan kehancuran total ini, untuk tujuan propaganda. Dan ia tiba di tempat kejadian hanya 12 jam, setelah bom meledak.

Beberapa foto-foto, yang menjadi ikon pada tahun 1952 di Life Magazine, dianggap sebagai yang paling lengkap setelah serangan itu.

Namun beberapa disita oleh polisi militer Amerika Serikat, dan tidak pernah terlihat lagi sampai sekarang.

Mereka mengikuti perintah langsung dari Jenderal Douglas MacArthur untuk merebut dan menghancurkan setiap foto, untuk melindungi skala sebenarnya dari kehancuran yang menimpa Jepang.

Tapi polisi militer tetap menyimpan foto-foto tersebut, dan telah dibeli oleh seorang kolektor. Kini, kolektor tersebut sedang mencoba untuk menjualnya di Amerika Serikat melalui  Rumah Lelang RR dengan perkiraan harga £38.000.

Harga tersebut untuk koleksi album berisi 24 foto yang didapatkan dari film negatif asli Yamahata.

Dan ada 12 foto yang tidak pernah dipublikasikan, karena beberapa alasan.

Yamahata sendiri meninggal pada usia 48 tahun, dan ia meninggal di tahun 1966 oleh kanker, yang diyakini disebabkan oleh paparan radiasi daalam tubuhnya.

Petani Ini Klaim Temukan Jamur untuk Hidup Abadi

Serangan nuklir Amerika Serikat terhadap Nagasaki pada 9 Agustus 1945, terjadi tiga hari setelah bom serupa dijatuhkan di Hiroshima. Serangan ini mengakibatkan kematian sekitar 120.000 orang. Jepang menyerah enam hari kemudian.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "70 Tahun Berlalu, Foto-foto Mengerikan Bom Nagasaki Baru Terkuak"

Post a Comment

×
Judul