Cukup Satu Gelas Air, Pasien Gagal Ginjal Bisa Diselamatkan

Air minum.
Tiga belas ribu pasien meninggal sia-sia di rumah sakit setiap tahunnya, itu hanya di Inggris saja, akibat gagal ginjal yang disebabkan oleh dehidrasi. Ya, apalagi cuaca yang saat ini tidak menentu, panas yang ekstrem membuat kita rentan sekali dehidrasi.

Namun ternyata, semua kematian akibat gagal ginjal dapat dihindari dengan perawatan yang lebih baik, ditambah oleh kesadaran dari dokter dan perawat jika menemukan pasein dengan ginjal yang bermasalah.

Caranya juga cukup sederhana, hanya dengan satu gelas air saja. Lantas apa yang harus dilakukan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kekurangan cairan dapat menyebabkan penurunan kemampuan ginjal untuk menyaring racun dalam darah, dan mengeluarkan limbah melalui urine. Racun tersebut akan terakumulasi, dan menyebabkan gagal ginjal yang fatal.

Sementara, pasien yang bertahan hidup mungkin perlu transplantasi ginjal. Bahkan orang tua dan orang-orang dengan masalah kesehatan kronis lainnya seperti penyakit jantung atau diabetes, jauh lebih beresiko terkena gagal ginjal akibat dehidrasi.

Kondisi ini dapat terjadi dengan beberapa cara, sebagai akibat dari suatu penyakit atau obat-obatan. Tetapi juga bisa terjadi karena kurangnya asupan air yang diminum.

Gejala gagal ginjal akibat kekurangan air dalam jumlah besar adalah, mual dan muntah, nyeri perut, pusing dan mengantuk. Jadi, biasakan Anda minum segelas air putih jika sudah terasa sangat haus untuk terhindar atau menyembuhkan gagal ginjal. Dan pastikan, air yang Anda konsumsi benar-benar layak konsumsi dengan mineral seimbang.

Setiap hari, asupan 8 gelas sehariatau sekitar 2 liter sangat dianjurkan. Namun akan berbeda jika aktivitas yang dilakukan cukup berat, seperti saat olahaga, atau mereka yang bekerja di cuaca yang cukup panas.

via: dailymail.co.uk
loading...

0 Response to "Cukup Satu Gelas Air, Pasien Gagal Ginjal Bisa Diselamatkan"

Post a Comment