Ilmuwan Ungkap Bahaya di Balik Tato

Tato. foto
Tato telah populer di negara-negara Barat selama berabad-abad. Dan dengan berjalannya waktu tato kian menjadi tren, terutama di kalangan generasi muda mulai dari atlet hingga mahasiswi.

Apalagi banyak sekali yang menggunakan tato sebagai penanda dalam hidupnya, baik itu saat berpacaran, menikah, hingga memiliki anak. Tapi alasan-alasan tersebut justru bisa membahayakan Anda yang memakai tato.

Menurut beberapa studi terbaru, tinta yang digunakan untuk kulit Anda memiliki beberapa efek yang merugikan pada kesehatan secara keseluruhan, apalagi jika Anda menggunakan beberapa warna dalam pembuatan tato. Lantas apa bahayanya?

Awas Beredar Karpet Plastik Berbahaya

Sekelompok ahli di Badan Kesehatan Masyarakat Inggris membuat penemuan mengejutkan bahwa, beberapa warna tato mengandung zat-zat beracun dan berbahaya yang dapat menyebabkan kanker.

Mereka menemukan bahwa, racun nano-partikel dari warna tato bisa disimpan di limpa dalam melalui darah dan ginjal. Hal ini akan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyaring racun.

Bahaya warna merah dan biru

Penemuan lebih lanjut ini menegaskan temuan peneliti dari AS dan Denmark yang telah menemukan bahan kimia penyebab kanker dalam warna tato, termasuk kobalt dan merkuri. Menurut laporan mereka, warna merah yang digunakan dalam tato mengandung merkuri, sedangkan warna hijau dan biru mengandung kobalt. Karena zat ini berbahaya bagi kesehatan kita, para peneliti meminta pihak yang berwenang untuk mengatasi masalah ini dan mengatur penggunaan warna-warna yang beracun.

Bahaya warna hitam

Dr Georgina dari Kopenhagen melakukan penelitian pada subjek yang sama, dan mengungkapkan bahwa 13 dari 21 warna yang biasa digunakan dalam tato di seluruh Eropa mengandung bahan kimia penyebab kanker.

Beberapa penelitian AS menunjukkan bahwa warna tato hitam diproduksi menggunakan benzopyrene, yang dalam percobaan yang dilakukan pada hewan telah terbukti menyebabkan kanker kulit.

Ingin Bersihkan Lendir di Paru-paru? Begini Caranya

Jadi bagi Anda yang ingin membuat tato bisa menjadikan penelitian ini pertimbangan, jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari demi eksistensi dan gaya hidup.

loading...

0 Response to "Ilmuwan Ungkap Bahaya di Balik Tato"

Post a Comment