Minum Air Putih Saat Tidak Haus Bisa Membunuh Anda

Minum air putih. Foto
Dokter dan semua orang selalu mengingatkan kita, tentang perlunya minum delapan gelas air setiap hari. Ya bagaimana pun, kita membutuhkan cairan karena tubuh kita sebagian besar terdiri dari cairan.

Namun ternyata, minum terlalu banyak air putih juga sangat tidak baik. Bahkan kini para ahli memperingatkan, jika Anda jangan pernah minum aor putih ketika tidak benar-benar haus.

Ya, ternyata air putih yang biasa kita konsumsi sehari-hari, bisa benar-benar membunuh kita hanya dalam hitungan jam saja. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya.

Cukup Satu Gelas Air, Pasien Gagal Ginjal Bisa Diselamatkan

Sebuah studi terbaru yang dikutip dari Mail Online menjelaskan, jika kita mengonsumsi air putih berlebihan bisa melumpuhkan sistem pelindung dalam otak. Dan Anda bisa memiliki risiko keracunan air. Seperti hiponatremia--di mana tingkat natrium dalam darah menjadi abnormal dan sangat rendah--terjadi ketika terlalu banyak mengonsumsi cairan.

Hiponatremia dapat menyebabkan lesu, mual, kejang dan bahkan menyebabkan koma. Jika tidak diobati segera, dapat menyebabkan kematian hanya dalam hitungan jam.

Peneliti utama Dr Michael Farrell, dari Monash University, Melbourne, mengatakan: "Jika kita hanya melakukan apa yang tubuh butuhkan mungkin itu yang benar--hanya minum ketika rasa haus datang."

Ada kasus ketika atlet maraton diberitahu untuk minum air dan meninggal, dalam keadaan tertentu, karena mereka kadang tidak mengikuti rekomendasi untuk minum sesuai kebutuhan tubuh.

Jadi alangkah penting untuk mengonsumsi minuman sesuai kebutuhan kita, dan jangan memaksakan tubuh untuk minum melebihi batasnya.

Ingin Bersihkan Lendir di Paru-paru? Begini Caranya

Penelitian ini dipublikasikan secara online dalam Prosiding National Academy of Sciences.

loading...

0 Response to "Minum Air Putih Saat Tidak Haus Bisa Membunuh Anda"

Post a Comment