Studi Terbaru Ungkap Bahaya Mengorek Telinga Pakai Cotton Bud

Membersihkan telinga. Foto
Setiap bagian tubuh harus kita bersihkan, agar terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya. Namun adakalanya kita lupa dan mengabaikan kebersihan bagian-bagian tubuh tertentu, seperti pusar dan telinga.

Namun Anda perlu berhati-hati, jika ingin membersihkan kedua bagian tubuh ini. Jangan sampai yang Anda lakukan, justru membuat bagian tubuh ini lebih retan terhadap bahaya lainnya salah satunya telinga.

Kita juga kerap menggunakan cotton bud, atau stik kecil yang terdapat kapas di ujungnya. Bahkan para ahli kesehatan di Amerika Serikat kini menemukan bahayanya, saat menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga.

Para peneliti di American Academy of Otolaryngology mencatat bahwa memasukkan instrumen asing ke dalam saluran telinga, seperti cotton buds, dapat menyebabkan berbagai masalah pendengaran dan meningkatkan produksi cerumen.

Selain itu, membersihkan telinga dengan cara ini dapat meningkatkan kemungkinan merusak gendang telinga, dislokasi tulang halus dan menyebabkan infeksi.

Ada bahaya tambahan dari impikasi ini, yaitu saluran telinga dapat menyebabkan nyeri, gatal, rasa penuh, dering atau tinnitus, gangguan pendengaran atau bau yang tidak menyenangkan.

Dr Seth Schwartz, ketua American Academy of Otolaryngology, mengatakan: "Pasien sering berpikir bahwa mereka mencegah kotoran telinga dengan membersihkan telinga oleh penyeka kapas, klip kertas, lilin telinga, atau sejumlah hal yang tak terbayangkan."

Justru ini bisa jadi awal masalah, saat kita berupaya untuk menghilangkan kotoran telinga hanya menciptakan masalah lebih lanjut. Kotoran telinga yang baru akan didorong ke dalam dan berdampak lebih jauh ke dalam liang telinga.

Dia menambahkan kotoran telinga atau cerumen adalah zat yang normal dalam tubuh yang berfungsi melindungi telinga. Zat ini bertindak sebagai agen pembersih telinga dengan menjebak kotoran, debu, dan masalah kecil lainnya.

Untuk membersihkan telinga, Ada harus berkonsultasi dengan dokter dengan menggunakan irigasi, syringing atau penerapan agen pelunakan lilin yang dikenal sebagai cerumenolytics, seperti Sodium telinga Bikarbonat tetes BP, minyak zaitun, air suling dan aseton.

Jadi, mulai saat ini hentikan kebiasaan membersihkan telinga dengan cara ini.

0 Response to "Studi Terbaru Ungkap Bahaya Mengorek Telinga Pakai Cotton Bud"

Post a Comment