Di Belanda, Penjara Kosong Jadi Tempat Penampungan Pengungsi

Pengungsi tinggal di penjara Belanda. Foto
Mendengar kata-kata penjara, mungkin pikiran kita tertuju pada tempat di mana para kriminal tinggal. Ya, penjara tidaklebih dari tempat menampung mereka-mereka yang berbuat jahat dan telah dibuktikan di pengadilan.

Di setiap negara terdapat penjara, mulai dari yang memiliki tingkat keamanan tinggi hingga rendah. Namun di Belanda, ada penjara yang tidak berpenghuni bukan karena musibah atau sudah berumur tua.

Tetapi di sini tingkat kriminalitas sangat rendah, sehingga penjara-penjara ini sepi dari penjahat. Namun pemerintahnya memiliki cara unik, dan digunakan sebagai pusat penampungan pengungsi. Bagaimana kehidupan mereka di sana?

Kehidupan pengungsi di dalam 'penjara.'
Belanda sendiri dikenal sebagai negeri dengan tingkat kejahatanyang terus menurun selama bertahun-tahun, bahkan puluhan lembaga pemasyarakatan telah ditutup sama sekali.

Namun, ketika jumlah migran mulai naik lebih dari 50.000 orang yang memasuki Belanda tahun lalu, Badan Pusat untuk Penerimaan Pencari Suaka (COA) melihat solusi ini. Dan mereka menggunakan penjara sebagai tempat penampungan.

Fotografer Muhammed Muheisen, dua kali juara Pulitzer Prize dan kepala fotografer Associated Press untuk Timur Tengah, telah mengabdikan beberapa tahun terakhir untuk memotret krisis pengungsi ini di seluruh benua.

Musim gugur yang lalu, Muheisen mulai mendengar rumor tentang penggunaan kembali lembaga pemasyarakatan. "Saya tidak tahu persis bagaimana kehidupan di sana. Saya pikir mereka merasa seperti mereka berada di 'prisons'," ucap Muheisen dikutip dari National Geographic.

Butuh enam bulan untuk mendapatkan izin untuk mengambil foto di dalam penjara ini. Akhirnya, Muheisen menghabiskan 40 hari mengunjungi tiga fasilitas yang berbeda, untuk mengenal warga dan memotret kehidupan mereka .

Para pengungsi ini tinggal di pusat-pusat penampungan selama setidaknya enam bulan sambil menunggu untuk diberikan status 'suaka' bebas kepada mereka.

Fasilitas bagi pengungsi.
Pengungsi tidak diizinkan untuk bekerja, tetapi mereka berlatih berbicara bahasa Belanda dan belajar naik sepeda--baik keterampilan sangat penting untuk kehidupan di Belanda.

Faktanya, para penungsi ini merasa aman berada di sana, ditambah dengan fasilitas yang sudah modern juga mereka dapatkan. Salah satu pengungsi Suriah mengatakan kepada Muheisen bahwa, hidup di penjara memberinya harapan untuk masa depannya.

"Negara tidak memiliki tahanan untuk dimasukkan ke dalam penjara, itu berarti ini adalah negara paling aman di mana saya ingin hidup," ucap salah satu pengungsi.



loading...

0 Response to "Di Belanda, Penjara Kosong Jadi Tempat Penampungan Pengungsi"

Post a Comment