Jangan Buang Tanaman yang Tumbuh di Halaman Ini, Alasannya?

Rumput krokot. Foto
Jika Anda memiliki halaman cukup luas, pasti akan menanaminya dengan beragam tumbuhan, baik itu yang berbunga maupun yang berbuah sebagai hiasan. Namun kadang ada satu hal yang kerap mengganggu, yaitu kemunculan rumput liar.

Rumput liar bisa tumbuh subur, apabila kita tidak melakukan perawatan secara maksimal. Namun jika Anda hendak membersihkan halaman dari rumput liar tunggu dulu, karena tidak semua rumput liat merupakan gulma.

Salah satunya rumput luar ini, yang kita kenal sebagai krokot, yang datang bak tamu yang tidak diinginkan. Rumput ini dapat tumbuh di mana saja, bahkan di dalam pot tanaman hias. Tapi siapa sangka, jika krokot memiliki segudang manfaat.

Dan siapa sangka, jika krokot bisa dijadikan makanan. Tumbuhan ini mengandung antioksidan dan vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Daunnya memiliki rasa lemon yang sangat menyegarkan, dengan tekstur renyah.

Rumput ini bahkan dapat dijadikan sebagai pengganti bayam, karena tingkat protein yang tinggi. Dikutip dari lifesosimple.org, rumput ini memiliki keunggulan lain, di antaranya:

  • Kaya asam lemak Omega 3. Sehingga dapat melindungi Anda dari stroke dan penyakit jantung. Selain itu, menurunkan ADHD pada anak-anak yang dapat menyebabkan autisme dan gangguan perkembangan lainnya.
  • Mengandung vitamin A, yang dapat melindungi Anda dari kanker.
  • Mengandung kalsium dan zat besi yang sangat penting untuk tulang.
  • Menyediakan enam kali lebih banyak vitamin E dari bayam, dan tujuh kali lebih banyak beta karoten dari wortel.
  • Krokot kaya serat dan rendah kalori.
  • Kaya akan vitamin C, magnesium, riboflavin, kalium dan fosfor.

Biji krokot juga begitu kuat, dan dapat bertahan hidup sampai 25 tahun.

Catatan: Mengandung kadar oksalat tinggi, sehingga dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Meskipun oksalat secara alamiah ditemukan pada beberapa sayuran. Konsumsi sayuran ini secukupnya, dan jangan berlebihan selayaknya menu makanan Anda.

Kami sangat berharap artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk berbagi dengan teman dan keluarga. Terima kasih.

loading...

0 Response to "Jangan Buang Tanaman yang Tumbuh di Halaman Ini, Alasannya?"

Post a Comment