Buah yang Tumbuh di Daun Ini, Ternyata Bisa Mengobati Wasir

Butcher's Groom. Foto: amusingplanet.com
Setiap mahluk hidup pasti akan berkembang biak, untuk meneruskan generasinya di masa datang, begitu juga dengan tumbuhan. Mahluk hidup yang satu ini, biasanya akan menumbuhkan bunga yang kemudian menjadi buah.

Di dalam buah-buah tersebut, biasanya akan dilengkapi dengan biji sebagai cikal bakal pohon. Buah juga biasanya berkembang di dalam batang pohon, tetapi tidak dengan tumbuhan yang satu ini.

Adalah Butcher’s Broom atau Ruscus aculeatus, yang merupakan semak abadi yang tumbuh dengan struktur keras, tegak, dan daun yang sangat kaku. Anehnya, tumbuhan ini mengembangkan buah bukan di batang tetapi di tengah daun. Apa istimewanya?

Buah berry merah kecil akan melekat langsung ke daun dengan batang pendek, sehingga tanaman ini tampak sangat aneh.

Bagaimanapun, tumbuhan tidak melanggar aturan dari kerajaan tanaman, karena apa yang tampaknya menjadi daun sebenarnya hasil modifikasi batang yang disebut cladodes, seperti daun tetapi berfungsi layaknya batang.

Tumbuhan ini bisa kita temukan di Iran hingga ke Mediterania dan Amerika Serikat bagian selatan. Mereka telah digunakan selama lebih dari 2.000 tahun, sebagai pencahar dan diuretik. Serta bisa untuk mengobati berbagai penyakit seperti wasir, varises, gatal, dan bengkak.

Tunas muda tanaman ini juga bisa dimakan seperti asparagus. Ranting kaku dulunya digunakan oleh tukang daging untuk menjaga talenan mereka tetap bersih.

Tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad, tetapi penggunaan sebagai obat mulai pudar dalam satu abad terakhir. Investigasi pada tahun 1950 menunjukkan bahwa, tanaman ini bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Dan mengandung alkaloid yang menghambat berjalannya ion natrium melintasi membran sel, dan dengan demikian merupakan zat anti-arrhythmic efektif.

Tapi kini, tanaman ini sudah banyak ditanam di kebun dan buah namun digunakan sebagai dekorasi saja.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buah yang Tumbuh di Daun Ini, Ternyata Bisa Mengobati Wasir"

Post a Comment

×
Judul