Rahasia Air Selokan di Jepang Jernih dan Tempat Hidup Ikan

Sungai jernih di Jepang. Foto
Kini sedang marak netizen yang membagikan betapa jernihnya selokan yang ada di Jepang, di mana di sana terdapat ikan koi yang hidup. Netizen percaya, jika Jepang memang memerhatikan kebersihan selokannya.



Bukan hanya di satu tempat saja selokan-selokan tersebut bisa dijadikan sebagai tempat memelihara ikan koi, tetapi di banyak tempat bisa kita temukan sungai dan selokan sangat bersih dan bebas dari sampah.

Tapi tahukah Anda apa rahasianya selokan di Jepang bisa sangat bersih, dan kemana warganya membuang air sisa atau kotoran dari rumahnya? Ternyata rahasianya sangat sederhana.

Dikutip dari akun Facebook bernama Kamarul Ilmar in Shimane, yang merupakan seorang pekerja saluran pipa di Jepang berasal Malaysia. Ia menceritakan, bagaimana selokan di Jepang bisa ditinggali ikan.

Air dari hasil sisa rumah tangga ternyata akan di saluran melalui pipa terpisah, yang biasanya terdapat di bawah selokan jernih tersebut.

Sehingga akan ada dua saluran atau selokan di masing-masing rumah. Di mana air untuk limbah akan mengalir tepat di bawahnya, dan air yang jernih berada di atasnya.

Pembuatan pipa limbah di atas selokan.
Sementara, air untuk hidup ikan berasal dari air hujan dan mat air sehingga air tidak akan kerus, berbau, dan tetap jernih.

Namun tentunya tidak begitu saja pembuatan pipa ini dilakukan pemerintahnya, tetapi setiap rumah tangga harus membayar setiap limbah yang mereka keluarkan.

Jadi sekarang kita tahu, jika kebersihan sungai di sana tidak murah ya, tetapi mereka harus mengeluarkan uang ekstra untuk membuang limbah rumah tangganya ya. Sehingga sungai dan selokan di sana akan tetap bersih dan bebas dari kotoran manusia.

Bagaimana jika diterapkan di Indonesia? Apakah siap untuk mengeluarkan uang ekstra demi menjaga air selokan yang bersih, jernih dan bisa ditinggali ikan?

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Rahasia Air Selokan di Jepang Jernih dan Tempat Hidup Ikan"

  1. boro2 orang indo mau bayar untuk buang limbah, yang ada pada buang sampah di pinggir jalan

    ReplyDelete
  2. Mana bs kl presidennya yg skrg ini, yg ada cmn bikin vog mlu

    ReplyDelete

×
Judul