Thilafushi, Pulau Cantik yang Kini Jadi Tumpukan Sampah di Maladewa

Thilafushi. Foto: amusingplanet.com
Pulau-pulau tropis yang menakjubkan di Maladewa, barat daya India, dikenal karena memiliki pantai berpasir putih dan perairan tenang. Mereka kerap menjadi tujuan wisata bagi orang-orang kaya.

Tapi seperti kegiatan manusia di sisi manapun di dunia ini, selalu menghasilkan sampah. Bahkan, di kota-kota besar dunia pun banyak sampah yang smapai menggunung dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Tapi bagaimana dengan di Maladewa, kemana sampah yang mereka hasilkan dari turis yang berdatangan setiap tahunnya? Ini dia sisi kotor dari Maladewa, yang jarang sekali diungkapkan oleh media.

Hanya beberapa mil ke barat dari Male, ibukota Maladewa, dan menjadi salah satu pulau yang paling padat penduduknya di bumi, yaitu pulau Thilafushi. Dan lokasi ini menjadi tempat penampungan akhir (TPA) Kota Maladewa.

Tapi di Thilafushi, sampah tidak dibiarkan menumpuk dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Dua puluh lima tahun yang lalu, Thilafushi sendiri adalah laguna murni. Kemudian pada Desember 1991, keputusan diambil untuk merebut kembali laguna sebagai TPA, untuk mengatasi masalah sampah yang berkembang yang dihasilkan oleh industri pariwisata.

Dalam sebulan sampah mulai berdatangan. Lubang besar digali, dan sampah disimpan ke dalam lubang, yang kemudian diberi lapisan bangunan dan diratakan dengan pasir putih.

Pulau sampah thilafushi.
Sampah ratusan ton berdatangan setiap harinya, yang dihasilkan oleh satu juta wisatawan setiap tahun dan hampir empat ratus ribu penduduk tetap.

Daratan Thilafushi pun mulai tumbuh, pemerintah mulai melakukan penyewaan tanah, dan ada industri pembotolan gas metana berskala besar.

Hari ini, ada lebih dari tiga lusin pabrik di Thilafushi, masjid dan rumah untuk 150 migran Bangladesh yang menyaring 330 ratus ton sampah yang tiba di pulau itu setiap hari. Begitu banyak sampah yang disimpan di bawah tanah di pulau ini, sehingga tumbuh satu meter persegi setiap hari.

Sampah akhirnya menjadi masalah pencemaran lingkungan, sehingga pemerintah melarang pembuangan sampah di pulau itu pada tahun 2011. Sampah dari Maladewa sebagian kini diekspor ke India untuk didaur ulang.

loading...

0 Response to "Thilafushi, Pulau Cantik yang Kini Jadi Tumpukan Sampah di Maladewa"

Post a Comment