Satu Mangkuk Nasi Setara dengan Dua Kaleng Soda

Nasi. Foto: stethnews.com
Nasi menjadi salah satu makanan pokok bagi sebagian besar penduduk dunia. Bukan hanya di Indonesia saja masyarakatnya masih mengonsumsi nasi, Jepang, China dan negara lainnya pun masih menjadikan nasi makanan pokok.

Tidak ada yang salah dengan nasi, karena menyediakan karbohidrat dalam jumlah tinggi, yang dibutuhkan saat tubuh beraktivitas. Tapi, Anda harus tahu berapa banyak konsumsi nasi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Bahkan, satu mangkuk nasii ternyata setara dengan dua kaleng minuman soda. Tentunya ini tidak baik bagi Anda yang menginginkan tubuhnya tetap sehat. Lantas apa bahayanya jika mengonsumsi nasi dalam jumlah besar?

Kebanyakan orang saat ini khawatir dengan makanan yang mengancung gula tinggi, karena gula sering menjadi penyebab penyakit diabetes. Tapi, banyak yang tidak sadar bahwa ada makanan pokok seperti nasi juga menimbulkan bahaya yang jauh lebih besar setiap hari.

Menurut statistik, orang Asia ternyata berisiko lebih tinggi terkena diabetes. Para peneliti menemukan, jika hal ini dikarenakan banyak orang Asia yang masih mengonsumsi nasi putih dalam jumlah besar.

Nasi putih penuh ini mengandung pati yang sangat tinggi, yang bisa membebani tubuh dengan begitu banyak gula darah. Akibatnya, risiko diabetes meningkat.

Zee Yoong Kang, kepala eksekutif Dewan Promosi Kesehatan China, membagikan rencananya untuk mengurangi penyakit diabetes di seluruh dunia, terutama di Asia yang tampaknya merajalela akhir-akhir ini.

Menurut Zee, setiap hari mengonsumsi nasi putih dapat meningkatkan risiko diabetes hingga 11 persen. Tapi kenapa nasi putih begitu berbahaya? Berdasarkan temuan peneliti dari Harvard School of Public Health yang melakukan studi mereka hingga 20 tahun, nasi putih tidak seaman dikonsumsi.

Satu mangkuk nasi memiliki setidaknya dua kali karbohidrat dalam satu minuman ringan. Mengapa ini buruk? Karena karbohidrat diubah menjadi gula. Pankreas kita membuat insulin, sehingga tubuh bisa menggunakan gula. Tapi ada makanan, seperti nasi putih, dimana gula mudah diserap ke dalam darah. Hal ini menyebabkan lonjakan gula, membuat pankreas bekerja lebih dari yang seharusnya.

Saat lonjakan gula terjadi, Anda tahu ini tidak baik. Karena pankreas bekerja lebih keras, membuatnya menjadi kurang efisien dalam membuat insulin. Akibatnya, tubuh menyerap lebih banyak gula.

Kelebihan gula itu buruk. Makan nasi putih setiap hari juga bisa menyebabkan kerusakan ginjal, karena terlalu banyak gula dalam tubuh. Di sinilah diabetes dimulai.

Syukurlah, ada cara untuk mengatasi kenaikan risiko ini dan di antaranya adalah mengganti 20 persen konsumsi nasi putih dengan nasi merah. Dengan hanya melakukan ini, Anda mengurangi risiko hingga 16 persen.

loading...

1 Response to "Satu Mangkuk Nasi Setara dengan Dua Kaleng Soda"