10 Alasan Mengapa Anda Memiliki Nafas Bau

Bau mulut. Foto: stethnews.com
Bau mulut adalah hal yang memalukan, dan membuat percaya diri kita turun saat berhadapan dengan orang lain. Ada banyak cara untuk menyembuhkannya atau setidaknya menutupi masalah ini, tapi sebelum Anda mulai mengobatinya, lebih baik tahu alasan mengapa Anda memiliki bau mulut.

Beberapa makanan bisa menyebabkan bau mulut atau halitosis, tapi bisa juga menandakan bahwa Anda menderita penyakit serius. Dengan mengetahui penyebab bau mulut, maka Anda akan dengan mudah melenyapkannya.

Lantas apa saja penyebab bau mulut? Berikut adalah 10 penyebab bau mulut, untuk membantu Anda mengatasi masalah ini secara efektif, yang kami kutip dari stethnews.com:

1. Kebersihan mulut yang buruk
Bakteri bisa terbentuk di sela gigi serta sepanjang gusi dan lidah, yang menyebabkan produksi gas yang berbau tidak sedap. Bakteri ini tidak hanya menyebabkan bau mulut, tapi juga kerusakan gigi dan penyakit gusi . Flossing dan menyikat gigi bisa mengurangi penumpukan bakteri, dan akhirnya mengobati halitosis.

2. Dehidrasi
Dehidrasi sebenarnya penyebab utama bau mulut. Minumlah cukup air, agar partikel makanan tidak masuk dan mengendap di mulut Anda.

3. Olahraga luar di ruangan yang berlebihan
Sebuah studi oleh European Respiratory Society menunjukkan bahwa, atlet memiliki lebih banyak masalah pernapasan daripada orang lain. Terlalu banyak udara di luar ruangan bisa mengeringkan mulut, dan polusi bisa menimbulkan malapetaka bagi kesehatan mulut.

4. Risiko tinggi penyakit jantung
Sebagian besar dari kita tidak tahu bahwa, penyakit gusi dan penyakit jantung sangat terkait dengan halitosis. Sebenarnya, gingivitis adalah tanda awal penyakit kardiovaskular. Mengobati bau mulut dan masalah mulut lainnya, justru bisa membantu memperbaiki kesehatan jantung.

5. Tonsilitis
Bau mulut yang terus-menerus bisa berarti Anda menderita sakit tenggorokan, termasuk tonsilitis. Bakteri yang menyebabkan halitosis bisa mempengaruhi amandel Anda juga.

6. Risiko melahirkan prematur tinggi
Wanita hamil yang memiliki penyakit halitosis dan gusi, memiliki risiko tinggi melahirkan bayi dengan berat lahir rendah atau bayi prematur.

7. Sakit maag
Gejala khas sakit maag adalah sakit perut yang buruk, mulas, dan masalah makan. Tapi ada satu lagi: halitosis, yang disebabkan oleh Helicobacter pylori--bakteri yang sama yang menyebabkan tukak lambung.

8. Kelebihan berat badan
Semakin gemuk seseorang, semakin mudah mulutnya berbau. Tidak ada alasan khusus untuk ini, namun para peneliti meyakini disfungsi biologis berperan dalam masalah ini.

9. Obat kumur yang berlebihan
Sementara obat kumur adalah untuk mengurangi bau mulut, terlalu banyak penggunaan bisa menghilangkan bakteri baik di mulut Anda.

10. Diabetes
Masalah kesehatan lain yang menyebabkan bau mulut adalah diabetes, yang disebabkan oleh produksi insulin yang tidak adekuat. Bau buah atau bau seperti acetone seringkali merupakan hasilnya.

Jangan mulai panik dan berpikir Anda menderita diabetes atau kondisi kesehatan lainnya jika Anda memiliki bau mulut. Salah satu alasan di atas bisa menjadi penyebab masalah Anda. Sebaiknya mulailah dengan mempraktikkan kebersihan mulut yang baik dan jika masalahnya tidak hilang, Anda harus memeriksakan diri terlebih dahulu jika Anda mengalami gejala serius lainnya.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Alasan Mengapa Anda Memiliki Nafas Bau"

Post a Comment

×
Judul