10 Kebiasaan yang Merusak Ginjal Anda

Menahan kencing. Foto: boldsky.com
Ginjal memiliki peran yang sangat penting, di mana fungsinya adalah mengeluarkan racun hasil metabolisme dalam bentk urine. Dan dari sekian banyak fungsinya, yang utama adalah filtrasi atau menyaring darah.

Selain itu, ginjal juga akan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita dan mengatur keseimbangan elektrolit. Bila ginjal gagal mengeluarkan racun dari tubuh, tentu akan mempengaruhi ginjal dan fungsinya. Tubuh juga mulai mengalami pembengkakan.

Bila kondisi ini tidak diobati, ini menyebabkan gagal ginjal, di mana satu-satunya pilihan adalah transplantasi ginjal. Kita harus berhati-hati dengan apa yang kita makan, karena akan berefek pada ginjal.

Oleh karena itu, potensi aktivitas yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal harus kita hindari sebisa mungkin. Berikut adalah sepuluh hal yang harus dihindari untuk mencegah kerusakan ginjal, dikutip dari boldsky.com:

1. Kurang Minum
Asupan air telah terbukti menjadi obat mujarab untuk banyak masalah, dan salah satunya adalah untuk kesehatan ginjal yang baik. Cairan yang seimbang dalam tubuh, akan mampu membuang racun dan sodium yang tidak diinginkan. Pastikan Anda meminum 8 gelas air putih atau setara 2 liter dari sekarang.

2. Konsumsi Daging Berlebihan
Protein hewan menghasilkan asam dalam jumlah tinggi yang sangat berbahaya bagi ginjal saat diproses, yang bisa menyebabkan kondisi yang disebut asidosis (di mana ginjal tidak dapat menghilangkan kelebihan asam secara efisien). Protein hewani harus selalu diimbangi dengan asupan sayuran hijau dan buah segar.

3. Merokok
Umumnya, merokok dikaitkan dengan kerusakan paru-paru atau jantung. Namun juga berdampak pada kesehatan ginjal Anda. Ini karena, merokok menyebabkan banyak protein dalam urin, yang bisa memengaruhi kesehatan ginjal.

4. Alkohol
Sebanyak apapun alkohol yang Anda minum, akan meningkatkan kemungkinan terkena penyakit ginjal kronis. Ditambah, kombinasi tembakau dan alkohol akan meningkatkan peluang yang sama hingga lima kali lipat.

5. Makanan Olahan
Tingginya mineral seperti fosfor dan sodium dalam makanan olahan, akan secara langsung berbahaya bagi ginjal. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan ginjal untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit.

6. Kurang Tidur
Karena berbagai alasan, kita cenderung mengalami kesulitan tidur yang akhirnya mengganggu kualitas tidur termasuk lamanya kita beristirahat. Sebagai rekomendasi umum, seseorang harus tidur nyenyak 6 sampai 8 jam agar tubuh segar kembali. Kurang tidur akan menyebabkan degenerasi ginjal, peningkatan tekanan darah dan penurunan kesehatan.

7. Overdosis Garam
Garam yang penuh natrium dan asupan sodium tinggi bisa langsung menyebabkan tingginya tekanan darah. Penyaringan darah kemudian menjadi disfungsional, dan secara bertahap mendegradasi ginjal juga.

8. Banyak Konsumsi Gula
Kelebihan gula bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah dan diabetes, yang secara langsung akan mempengaruhi fungsi ginjal.

9. Kurangnya Olahraga
Olahraga memiliki efek positif pada tubuh manusia. Demikian pula untuk ginjal Anda, olahraga akan membantu membuang racun dan mengatur keseimbangan cairan di seluruh sistem dengan meningkatkan metabolisme dan kekuatan.

10. Menunda Buang Air Kecil
Sering kali, kita merasakan dorongan untuk buang air kecil saat bekerja atau menyelesaikan tugas tetapi sering kali juga kita menahannya. Dan terkadang hingga berjam-jam. Ini adalah salah satu hal yang paling mengerikan yang dihindari, karena bisa menyebabkan gagal ginjal.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "10 Kebiasaan yang Merusak Ginjal Anda"

Post a Comment