Buang Sampo Anti Ketombe Anda, Gunakan Bahan Alami Ini

Ketombe. Foto: stethnews.com
Ketombe adalah salah satu masalah di kepala yang banyak orang alami. Memang tidak berbahaya jika di kepala kita ada ketombe, namun gatal yang dihasilkannya membuat terganggu, apalagi jika kulit kepala kita dipenuhinya.

Dermatitis seboroik atau yang kita semua tahu sebagai ketombe ini, adalah kelainan umum pada kulit kepala. Seringkali, penyebabnya adalah kulit yang kering, meskipun mereka yang memiliki kulit berminyak juga kerap terserang ketomba.

Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh pertumbuhan jamur dan bakteri. Salah satu cara untuk menanganinya adalah dengan menggunakan sampo anti ketombe. Namun sampo memiliki kekurangan, yang biasanya menyebabkan rambut kering bahkan rusak.

Nah, ternyata ada perawatan rambut yang sehat yang bisa mengatasi masalah ini. Dikutip dari stethnews.com, cara ini bisa membantu menyingkirkan ketombe secara permanen. Apa saja yang Anda butuhkan?

1. Minyak Kelapa (VCO atai Virgin Coconut Oil)

Karena sifat antijamurnya, minyak kelapa ini bisa menghilangkan ketombe, sekaligus melembabkan kulit kepala yang kering. Bisa juga meringankan gatal. Caranya, tambahkan jus dari setengah lemon kedua sendok makan minyak kelapa dan oleskan ke kulit kepala. Pijat selama beberapa menit dan tunggu minimal 20 menit sebelum dicuci. Cara ini harus dilakukan dua sampai tiga kali seminggu.

2. Cuka Apel

Cuka apel bisa mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala, yang bisa menghentikan pertumbuhan jamur. Cuka apel juga bisa membersihkan folikel rambut dan pori-pori tersumbat. Untuk menggunakannya, cukup ambil dua sendok makan cuka dan campurkan dengan air. Tambahkan 15 sampai 20 tetes minyak pohon teh dan mulai memijat campuran ke kulit kepala. Seperti cara pertama, lakukan ini dua sampai tiga kali setiap minggu.

3. Baking Soda

Bahan dapur umum ini adalah exfoliant ringan, sehingga efektif dalam menghilangkan sel kulit mati. Baking soda juga bisa menyerap kelebihan minyak pada kulit kepala, sekaligus menyeimbangkan kadar pH kulit kepala. Manfaat ini bisa mengurangi pertumbuhan jamur yang bisa membantu menyingkirkan ketombe. Cukup gosok rambut Anda dengan baking soda saat Anda mandi lalu bilas dengan air hangat. Tidak disarankan Anda menggunakan sampo, saat Anda menggunakan obat rumah ini.

4. Minyak Zaitun

Sebelum menggunakan minyak zaitun, Anda perlu memanaskannya terlebih dahulu. Bila sudah sedikit hangat, pijat ke rambut dan gunakan handuk hangat untuk membungkus rambut dengan minyak. Jangan dibilas minimal 45 menit. Anda bisa menggunakan sampo dan kondisioner setelahnya. Minyak zaitun bisa mengatasi kekeringan kulit kepala secara efektif.

Ketombe akan semakin memburuk saat Anda cemas atau stres. Yang benar adalah bukan menghilangkan ketombe, tetapi mengendalikannya. Selain perawatan alami di atas, Anda harus merawat rambut dan kulit kepala Anda dengan baik. Anda juga harus menghindari stres sebisa mungkin, terutama bila sudah memiliki ketombe.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buang Sampo Anti Ketombe Anda, Gunakan Bahan Alami Ini"

Post a Comment

×
Judul