Dua Pria Hanya Makan Daging dalam Setahun, Ini Hasilnya

Pria makan daging. Foto: stethnews.com
Daging adalah salah satu makanan yang harus dikonsumsi manusia, karena menyediakan beragam nutrisi penting serta protein yang tinggi. Meskipun banyak orang yang kini memutuskan untuk tidak mengonsumsinya.

Alasannya karena daging merah ini banyak menyebabkan beragam penyakit berbahaya, seperti kanker dan serangan jantung. Tapi, ada beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dan hanya ada di dalam daging.

Maka tidak heran, ada dua orang pria yang memutuskan untuk mengonsumsi hanya daging saja selama satu tahun. Lalu apa hasilnya terhadap tubuh? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Dikutip dari stethnews.com, pada tahun 1928 dua orang memilih untuk makan hanya daging merah saja.

Adalah Vilhjalmur Stefansson dan temannya, K. Andersen hanya makan daging selama satu tahun penuh, tapi tentu saja mereka melakukannya di bawah pengawasan dua peneliti, McClellan dan Du Bois. Penelitian ini kemudian diterbitkan pada sebuah makalah pada tahun 1930, tentang percobaan ini.

Makan daging ini memang sangat sederhana, di mana tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruhnya terhadap tubuh. Sepanjang percobaan, akan ada beberapa parameter yang harus diukur.

Dalam percobaan ini, daging didefinisikan sebagai sesuatu yang berasal dari tubuh hewan manapun, termasuk: Lemak, otak, otot, dan sumsum tulang.

Andersen dan Stefansson bisa makan sebanyak-banyaknya atau sesedikit mungkin yang mereka mau. Keduanya dalam keadaan sehat sebelum melakukan diet daging.

Apa yang Terjadi Setelah Percobaan?

Efek umum pada pria yang tidak makan apa-apa selain daging selama satu tahun tidak ada. Mereka masih dalam kondisi baik, secara fisik setelah selesai. Gigi mereka tidak memburuk, buang air besar tetap sama, dan mereka juga tidak mengalami radang gusi.

Namun, keduanya mengalami penurunan berat badan selama minggu pertama, terutama karena tubuh mereka masih menyesuaikan diri dengan rutinitas baru.

Apakah buruk makan daging setiap hari?

Menurut tulisan yang mempublikasikan hasil eksperimen tersebut, sebenarnya tidak ada efek samping negatif untuk makan daging setiap hari. Kedua subjek tetap sehat setelah mereka menyelesaikan semua tugasnya. Namun, di dunia sekarang ini, tidak mudah disimpulkan. Kebanyakan daging saat ini mengalami proses yang tidak sehat bagi tubuh.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa, orang yang makan terlalu banyak daging dapat mengembangkan kondisi kesehatan berikut ini:

Kanker: Makan daging merah setiap hari akan meningkatkan risiko terkena kanker setidaknya 20 persen, terutama kanker pankreas.

Penyakit Jantung: Daging merah juga memiliki kolesterol dalam jumlah tinggi dan lemak jenuh, yang merupakan salah satu kontributor terbesar dalam pengembangan penyakit jantung.

Banyak anak--bahkan orang dewasa--suka makan hot dog. Ini juga daging, tapi diproses dan dilengkapi dengan bahan pengawet, termasuk nitrat, yang bisa bersifat karsinogenik jika dimasak dengan panas tinggi.

Jadi, jika daging yang dikonsumsi hasil olahan--sosis, nugget, atau kornet--maka itu tidak baik. Demikian juga porsi saat makan daging, jangan sampai berlebihan.


Loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Dua Pria Hanya Makan Daging dalam Setahun, Ini Hasilnya"

Post a Comment