8 Tanda Kanker Otak yang Perlu Anda Ketahui

Ilustrasi kanker otak.
Kanker maasih menjadi penyakit yang mematikan, apalagi belum adanya obat ang efektif menangani penyakit yang satu ini. Kanker bisa terbentuk di seluruh bagian tubuh kita, termasuk di dalam otak.

Sel kanker dalam bentuk tumor yang terbentuk di jaringan otak, merupakan penyebab kanker otak yang akan menghambat fungsi otak. Mereka mungkin terbentuk langsung di jaringan otak, atau bisa menyebar dari bagian tubuh lain ke otak.

Mengetahui gejala kanker otak dengan mendeteksinya secara dini, akan memudahkan dalam perawatan. Mari kita lihat tanda-tanda kanker otak yang harus kita ketahui, untuk menangani penyakit ini secara efektif.

Berikut delapan tandanya yang kami kutip dri boldsky.com:

1. Mual dan Muntah
Saat perut mulai mual dan Anda merasa ingin muntah tanpa alasan tertentu, kemungkinan besar Anda mungkin memiliki tumor di otak yang mungkin ganas. Muntah mungkin disebabkan karena meningkatnya tekanan di dalam otak. Jika muntah dan mual disertai pusing atau vertigo, maka ini bisa jadi pertanda tumor. Saat gerakan tiba-tiba, seperti cepat membalik di tempat tidur dan menyebabkan muntah maka lebih baik Anda diperiksa ke dokter.

2. Penglihatan Kabur
Ada kemungkinan mata Anda mulai menunjukkan gambar yang tidak jelas, dengan kata lain Anda mulai melihat dan buram. Jika gejala ini mulai memburuk seiring waktu dan kacamata tidak membantu, maka sekarang saatnya masuk untuk pemeriksaan kesehatan otak. Jika tumor terbentuk di dekat saraf optik maka kemungkinan besar penglihatan Anda akan terganggu.

3. Masalah Ingatan
Gejala awal kanker otak mungkin termasuk berkurangnya kemampuan kognitif. Hilangnya memori dan kesulitan konsentrasi bisa terjadi. Kesulitan dalam berpikir dan memproses informasi juga, dapat mengindikasikan peringatan dini tumor ganas di otak.

4. Sakit kepala
Sakit kepala adalah penyakit yang sangat umum dan Anda tidak perlu terlalu khawatir, jika sakitnya cepat hilang. Tapi, Anda perlu khawatir dengan situasi berikut ini: Frekuensi sakit kepala lebih besar, yaitu jika Anda bangun setiap pagi dengan rasa sakit yang mengerikan di kepala Anda, maka ini menjadi perhatian. Intensitas sakit kepala juga penting. Jika sakit kepala tak tertahankan maka saatnya untuk mengunjungi dokter.

5. Otot Lemah
Kelemahan pada otot juga bisa mengakibatkan kasus tumor ganas. Kelemahan bisa terjadi pada sisi tubuh tertentu sehingga mati rasa. Otot wajah menjadi lemah jika tumor terbentuk di saraf kranial.

6. Kesulitan Dalam Berjalan
Seperti telah disebutkan, gejala kanker sebagian besar dapat bervariasi tergantung di mana tumor terjadi. Jika massa sel kanker terbentuk di bagian otak yang mengendalikan kemampuan motorik, maka kemungkinan ada koordinasi dan gerakan Anda akan sangat terpengaruh. Menyeimbangkan tubuh juga akan menjadi masalah besar, dan bisa berakibat pada kesulitan berjalan.

7. Kelelahan
Kanker otak juga mengakibatkan kelelahan yang tidak membaik dengan istirahat yang cukup. Jika Anda sering mengalami kelelahan, maka lebih baik melakukan konsultasi dengan dokter. Memerangi kelelahan juga merupakan keharusan untuk menjalani gaya hidup sehat.

8. Kejang
Jika Anda mulai sering terkena kejang, ini mungkin merupakan indikasi timbulnya tumor otak kanker. Cocok dikaitkan dengan sentakan tangan atau kaki yang kuat, dan ini juga mempengaruhi keseluruhan tubuh. Pengobatan yang dilakukan dengan segera, dapat mendeteksi akar penyebab yang mendasari yang mungkin merupakan kanker otak.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Tanda Kanker Otak yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment