Obat Ini Sebabkan Sel Kanker Darah Meledak dan Mati

Ilustrasi kanker. Foto: boldsky.com.
Apapun jenisnya, kanker merupakan penyakit yang mematikan. Bahkan pengobatan pun cukup memakan waktu yang lama dengan biaya yang tidak sedikit. Maka tidak heran, jika banyak penderita kanker hanya pasrah menghadapi nasibnya.

Tapi sebuah terobosan terjadi, di mana para ilmuwan telah mengembangkan obat baru yang dapat membantu mengobati salah satu bentuk kanker darah yang paling berbahaya.

Para peneliti dari University of Bradford, Inggris telah menemukan bahwa obat tersebut dapat digunakan untuk mengobati myeloid leukemia akut (AML). Obat--HXR9 membantu mencegah sel kanker dari apoptosis sidestepping--proses yang menyebabkan sel tidak sehat dan rusak mati.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Oncotarget, obat tersebut menargetkan keluarga gen tertentu, yang disebut gen HOX, yang terlibat dalam mengendalikan pertumbuhan sel yang cepat.

Pada orang dewasa ini dimatikan, namun pada sel kanker mereka dapat dihidupkan kembali. Ini membantu memberi sel kanker kemampuan untuk terus tumbuh dan membelah dengan mengelak dari mekanisme normal yang memicu apoptosis.

Periset menganalisis data ekspresi gen dari 269 pasien AML dan menemukan hubungan antara aktivitas sekelompok gen HOX, dan tingkat kelangsungan hidup pasien.

Mereka kemudian menguji HXR9 pada sel kanker yang diambil dari pasien yang menderita AML, dan menyebabkan sel kanker menjalani proses yang dikenal sebagai nekroptosis. Nekroptosis menyebabkan sel-sel tersebut meledak dan memuntahkan isinya ke dalam aliran darah.

Hal ini meningkatkan kemungkinan bahwa akan ada reaksi kekebalan tubuh berikutnya terhadap sel kanker, menurut Morgan. Para peneliti menemukan bahwa ketika mereka menggabungkan HXR9 dengan obat lain, penghambat protein kinase C yang disebut Ro31, meningkatkan pengurangan pertumbuhan kanker lebih jauh lagi.

"Ini bisa digunakan dalam perawatan kombinasi namun percobaan awal akan menjadi terapi tunggal," kata Richard Morgan, dari University of Bradford.

Berikut adalah beberapa fakta tentang kanker darah atau leukemia yang perlu Anda ketahui"


  • Leukemia adalah kanker jaringan pembentuk darah.
  • Ada berbagai jenis kanker darah--leukemia limfoblastik akut, leukemia myeloid akut dan leukemia limfositik kronis.
  • Kanker ini lambat tumbuh dan tidak memiliki gejala.
  • Gejala utama dari jenis leukemia yang tumbuh dengan cepat adalah kelelahan, penurunan berat badan, infeksi yang sering terjadi dan mudah perdarahan atau memar.


Referensi: boldsky.com
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Obat Ini Sebabkan Sel Kanker Darah Meledak dan Mati"

Post a Comment