Waspada, 6 Tanda Anda Memiliki Kolesterol Tinggi

Ilustrasi kolesterol tinggi.
Hal pertama yang yang akan dilakukan dokter untuk mengetes kadar kolesterol adalah dengan tes darah. Jadi, mengapa penting untuk mengidentifikasi kadar kolesterol darah Anda?

Untuk masalah yang satu ini, dapat membantu menentukan apakah Anda berisiko terkena penyakit jantung atau tidak. Karena salah satu risiko terbesar dari penyakit jantung, adalah kadar kolesterol jahat yang berlebihan.

Anda mungkin merasa sangat sehat, namun tidak tahu bahwa Anda memiliki kolesterol tinggi selama bertahun-tahun. Tapi ada beberapa hal yang dapat menunjukkan, bahwa Anda memiliki kadar kolesterol darah tinggi.

Berikut adalah enam tanda Anda memiliki kolesterol yang tinggi.

1. Bercak kuning pada kelopak mata

Apakah Anda memperhatikan bola mata? Jika tidak coba cek apakah ada warna kuning di kelopak mata atas dan bawah Anda? Warna kuning ini disebut "xanthelasma". Tanda ini tidak akan berdampak pada penglihatan. Namun, xanthelasma adalah indikator yang jelas bahwa Anda memiliki kolesterol darah tinggi.

2. Cincin berwarna abu-abu di sekitar kornea

Berdiri sangat dekat dengan cermin dan perhatikan matamu. Apakah ada cincin abu-abu atau busur di sekitar kornea, bagian mata yang menutupi iris? Dokter medis menyebutnya sebagai "arcus". Meski cukup umum pada orang tua, hal itu bisa mengindikasikan kadar kolesterol tinggi pada individu yang berusia 45 tahun ke atas.

3. Sensasi kesemutan di tangan dan kaki

Memiliki kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai pembuluh darah di tubuh tersumbat. Dan inilah alasan mengapa kesehatan Anda dalam bahaya besar, jika kolesterol tinggi. Sensasi kesemutan di tangan dan kaki, disebabkan tersumbatnya pembuluh darah. Sehingga organ tidak mendapatkan cukup darah kaya oksigen dan nutrisi, untuk fungsinya yang tepat.

4. Sakit di leher dan kepala

Karena kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa menyebabkan beberapa pembuluh darah tersumbat. Sangat mungkin sirkulasi darah ke kepala terhambat. Hal itu bisa membuat leher terasa sakit dari waktu ke waktu. Pundak juga bisa merasakan hal yang sama.

5. Jantung berdebar-debar

Sebagian besar, palpitasi jantung tidak berbahaya. Karena sering dialami setelah berolahraga atau saat aktivitas fisik yang intens. Terkadang terjadi karena kecemasan, stres dan asupan obat tertentu. Namun, palpitasi juga dapat mengindikasikan masalah mengenai sistem kardiovaskular. Dan memiliki kadar kolesterol tinggi adalah salah satunya.

6. Diet dan gaya hidup tidak sehat

Apakah Anda banyak mengonsumsi makanan berlemak dan menghindari buah dan sayuran? Apakah Anda seorang perokok dan suka minum alkohol? Apakah memiliki kelebihan berat badan dan tidak suka berolahraga? Jika Anda menjawab "ya" untuk setiap atau semua pertanyaan ini, berarti ada kemungkinan besar kadar kolesterol Anda sudah tinggi.

Namun, perlu diketahui jika pemeriksaan ke dokter perlu dilakukan agar hasil diagnosa di atas lebih tepat lagi.

Foto: healthybuilderz.com.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada, 6 Tanda Anda Memiliki Kolesterol Tinggi"

Post a Comment