Bahaya Sering Makan Sendirian

Makan sendirian.
Setiap makhluk hidup pasti mmebutuhkan makanan untuk bisa bertahan hidup. Dan tidak ada satupun yang bisa hidup tanpa makanan, begitu juga dengan manusia. Namun, kita sebagai manusia memiliki tata krama termasuk saat makan.

Biasanya, kita akan berkumpul bersama keluarga, teman dan rekan kerja saat makan. Namun tidak sedikit orang-orang yang makan tanpa ditemani seorang pun atau sendirian. Hal tersebut memang sah-sah saja dilakukan.

Namun mengingat manusia sebagai makhluk sosial, banyak penelitian telah melihat hubungan antara kesepian dan masalah mental juga kesehatan. Termasuk jika sering makan sendirian bisa berisiko kematian. Bagaimana bisa?

Penelitian yang dilakukan oleh tim di Rumah Sakit Ilsan Universitas Dongguk di Seoul, Korea Selatan, menemukan jika makan sendiri membuat orang dewasa berisiko tinggi terkena sindrom metabolik.

Merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok dengan kondisi tinggi seperti tekanan darah, kolesterol, dan diabetes.

Tim tersebut mempelajari 7.725 orang dewasa, yang sering makan sendiri dan menemukan bahwa (setelah menyesuaikan diri dengan bias seperti merokok, minum alkohol, usia, pekerjaan, dan olahraga), pria yang makan sendiri berisiko tinggi terkena masalah kesehatan.

Faktanya, dengan 45 persen peningkatan risiko obesitas dan 64 persen peningkatan risiko sindrom metabolik, pria dua kali lebih mungkin jatuh sakit daripada wanita yang makan sendirian dua kali sehari - yang mencatat peningkatan risiko hanya 29 persen.

Diterbitkan dalam jurnal yang disebut Obesity Research and Clinical Practice, penelitian ini sekarang merupakan bagian dari peningkatan jumlah studi yang telah menghubungkan kesepian dan gangguan mental dan masalah kesehatan.

Dengan hasil di atas memeperlihatkan, semakin tinggi risiko penyakit metabolik maka akan semakin tinggi angka kematian.

Jadi, tidak ada salahnya mulai saat ini untuk bergabung saat makan siang atau makan malam bersama-sama.

Foto: boldsky.com
Loading...

0 Response to "Bahaya Sering Makan Sendirian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel