Iklim Dingin Ternyata Membuat Anda Berisiko Terkena Kanker

Iklim dingin.

Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan, di mana banyak penderitanya akan meninggal dunia. Banyak pendapat, jika kanker disebabkan oleh pola gaya hidup yang tidak sehat. Tapi apakah benar demikian?


Ternyata tidak hanya gaya hidup saja yang memengaruhi seseorang terkena kanker. Iklim pun kini masuk sebagai salah satu penyebab seseorang berisiko tinggi terkena kanker, dan itu ada dalam sebuah penelitian terbaru.

Bahan orang-orang Inuits memiliki tingkat kanker tertinggi, diikuti oleh orang-orang Skandinavia. Sementara orang-orang di Inggris, memiliki tingkat risiko kanker tiga kali lebih tinggi daripada India dan dua kali tingkat Thailand. Mengapa bisa demikian?

Bukti menunjukkan bahwa, orang-orang di negara-negara yang lebih dingin, bisa mengembangkan kanker lebih tinggi karena gen mereka.

Gen yang sama yang menghentikan sel-sel kita yang sekarat dalam suhu beku, juga terkait dengan kanker payudara dan usus dan leukemia.

Seorang peneliti mengatakan, bahwa gen yang berkontribusi terhadap iklim dingin adalah sama yang meningkatkan risiko pembentukan tumor ganas atau kanker dalam tubuh.

Dr Konstantinos Voskarides, peneliti studi dari University of Cyprus Medical School, mengatakan: "Temuan penelitian ini memberi bukti bahwa varian genetik terbukti bermanfaat di lingkungan yang ekstrim, juga dapat menjadi predisposisi kanker. Resistensi sel pada suhu rendah dan ketinggian tinggi, mungkin meningkatkan probabilitas keganasan."

Penelitian sebelumnya dari tahun 2010 menemukan, cuaca ekstrim di bagian utara dunia dapat membuat pria lebih rentan terhadap kanker prostat, mungkin karena kekurangan vitamin D dari sengatan sinar matahari.

Namun studi baru - yang membandingkan tingkat internasional kanker dengan 240 studi genetik kanker dan tujuh lainnya di negara-negara dengan cuaca dingin - menunjukkan di mana gen mempengaruhi hidup mereka.

Dingin yang ekstrem dapat menyebabkan sel kita mati. Sehingga orang-orang di negara beku memiliki mutasi genetik, untuk mencegah kematian sel dan memperbaiki DNA.

Proses sel yang sama bisa menyebabkan leukemia dan kanker payudara serta usus, menurut studi tersebut.

Dr Voskarides mengatakan: "Bukti ditemukan bahwa tingkat kanker telah meningkat pada populasi tersebut, karena proses seleksi alam."

Dr Sophie St-Hilaire, yang melakukan penelitian tentang hubungan antara cuaca dingin dan kanker prostat, mengatakan bahwa sulit untuk memastikan bagaimana gen bekerja pada pasien kanker. Tapi dia menambahkan: "Sudah diketahui bahwa paparan polutan tertentu lebih tinggi bila suhu udara lebih dingin, daripada saat cuaca lebih hangat."

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Molecular Biology and Evolution, yang membahas hubungan antara orang-orang yang tinggal di ketinggian dan tingkat kanker.

Foto: dailymail.co.uk
Loading...

0 Response to "Iklim Dingin Ternyata Membuat Anda Berisiko Terkena Kanker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel