5 Cara Mudah untuk Mengurangi Asupan Karbohidrat

Sarapan telur.
Ketika berbicara kesehatan, kita perlu berpikir dua kali tentang jenis makanan yang harus dimakan. Dan salah satunya adalah karbohidrat. Karbohidrat memang membantu memberikan glukosa yang diubah menjadi energi.

Namun, jika terlalu banyak makan karbohidrat dapat berbahaya bagi kesehatan. Hal ini karena karbohidrat dapat menyebabkan penambahan berat badan, dan bahkan meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes.

Ada banyak langkah yang dapat kita lakukan untuk mengurangi asupan karbohidrat, tapi biasanya itu sangat sulit. Terutama banyak di antara kita rasanya tidak makan jika tidak mengonsumsi nasi. Lalu bagaimana kita untuk mengurangi asupan karbohidrat?

Berikut yang bisa Anda lakukan, yang kami kutip dari wellnessbin.com:

1.Jangan sediakan roti atau nasi
Mulailah untuk tidak menyediakan roti atau nasi, terutama saat sarapan. Anda bisa menggantinya  dengan beberapa selada, daging, atau keju.

2. Hilangkan minuman bergula
Ini akan sulit bagi kita untuk tidak meminum minuman manis. Soda, jus buah, bahkan minuman berenergi seringkali mengandung kadar gula tinggi. Mengurangi atau menghilangkan asupan gula dalam minuman, juga dapat mengurangi risiko diabetes secara signifikan plus membantu menurunkan berat badan.

3. Makan kembang kol
Jika Anda terbiasa makan nasi, maka cari penggantinya yang jauh lebih baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah kembang kol. Anda bisa memakan kembang kol dengan topping keju dan daging, atau bahan lainnya jika Anda suka.

4. Sarapan telur
Jika Anda terbiasa makan sereal ditambah susu saat pagi hari, cobalah ganti. Sereal adalah sumber karbohidrat meskipun seratnya tinggi, apalagi ditambah dengan susu. Alternatif yang lebih baik untuk ini adalah dengan telur. Telur juga bisa membuat perut terasa kenyang berjam-jam, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil.

5. Cobalah kunyah permen karet rendah kelori
Jika di sela-sela pekerjaan Anda menginginkan minuman manis, cobalah untuk mengunyah beberapa permen karet rendah kalori. Yang saat ini banyak sekali dijual di toko-toko.

Baca Juga: Gigi Kamu Busuk? Obati dengan Aspirin

Catatan: Untuk awal-awal memang akan sulit dilakukan. Tetapi cobalah perlahan-lahan mengurangi asupan karbohidrat. Misalkan Anda makan satu porsi karbohidrat di pagi hari, kurangi jadi setengahnya. Dan tambah dengan sumber protein atau sayuran.

Loading...

0 Response to "5 Cara Mudah untuk Mengurangi Asupan Karbohidrat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel