5 Keahlian atau Skill Yang Bisa Membuat Hidup Anda Bisa Lebih Hemat

Hidup di dunia membutuhkan perjuangan, kita tidak ingin hidup dari belas kasihan orang lain. Anda harus tidak hanya memiliki pendidikan tertinggi, tapi juga harus dipertimbangkan faktor pengalaman.
Tidak hanya pendidikan tinggi yang bisa memberikan kehidupan atau karir masa depan cemerlang. Memiliki keahlian yang unik atau khusus bisa menjadi nilai tambah, berbeda dengan mereka yang tidak memiliki keahlian.
Jika Anda memiliki keahlian seperti dibawah ini, anda sangat mungkin bisa lebih hemat. Keahlian apa sajakah itu?



1. Keahlian Bidang Otomotif
Nah, jika Anda memiliki kemampuan di bidang mesin kendaraan atau otomotif, menguntungkan juga. Terlebih lagi jika kendaraan motor dan mobil yang di gunakan untuk aktivitas kerja atau bisnis sehari-hari.
Kita tahu bahwa biaya pemeliharaan kendaraan tidak murah. Pada umumnya untuk kendaraan dengan spesifikasi mesin yang rumit seperti kendaran buatan Eropa. Memiliki kendaraan jangan hanya digunakan tetapi tidak merawat dan menjaga tetap sehat. Secara Berkala mesin harus diberikan perawatan dan pemeliharaan khusus.
Dengan memiliki keterampilan dasar otomotif, kamu dapat menghemat uang bengkel dengan cara memeriksa sendiri secara berkala untuk kendaraan yang kamu punya. Dari memeriksa bagian-bagian yang rusak ,lalu memperbaiki sendiri sampai untuk mengganti oli atau perbaikan lainnya.

2. Keterampilan Matematika / Akuntansi
Nah untuk keahlian diatas ini benar-benar dapat mengurangi pengeluaran sendiri. Kebutuhan pasti dicatat dan pasti perlu mempertimbang pengeluaran kamu.
Masing-masing pengeluaran harus selalu dihitung dan memeriksa benar atau tidak adanya diskon di supermarket tertentu atau ada toko lain yang menawarkan lebih murah. Untuk pengajuan KPR atau pinjaman lain, Anda akan peduli dengan cicilan dan bunga.
Ada banyak lagi jenis keahlian atau keterampilan di luar yang sudah disebutin di atas dapat membantu mempermudah hidup Anda bahkan membantu Anda berhemat. Kamu perlu mengetahui potensi diri.
Jika memang punya keahlian yang dapat membantu Anda mempermudah hidup sebaiknya dimanfaatkan. Tapi tidak menghalalkan segala cara untuk kepentingan diri sendiri.

3. Pertukangan
Keterampilan pertukangan juga dapat menghemat pengeluaran kamu. Mengapa? Contohnya, melakukan servis bagian rumah atau perabotan yang rusak. Ketika talang air rumah ada yang rusak atau bocor, Anda dapat mencoba untuk memiliki membetulkannya. Sehingga tidak perlu memanggil tukang untuk pemeliharaan yang berimbas pada penghematan biaya. Paling hanya membeli bahan talang airnya saja.
Selain itu jika ada kaki kursi yang patah bisa di perbaiki daripada membeli baru, menghindari pemborosan. Kalau dibenerin tukang perbaikan furnitur juga pasti butuh biaya lagi, lebih baik dicoba benerin dulu kalau kerusakannya tidak terlalu parah.

4. Memasak
Bisa memasak adalah keterampilan yang pasti bisa membantu hidup dari hal pemborosan. Mengapa? Ya punya keterampilan memasak, dapat membantu Anda menghemat uang untuk mengurangi pembelian makanan, juga dapat meningkatkan pendapatan, dengan menjualnya.
Manusia tidak akan berhenti makan, karena makan adalah kebutuhan paling dasar manusia. Melengkapi keinginan kuliner adalah salah satu gaya hidup orang-orang yang tinggal di kota-kota besar.
Jika Anda memiliki keterampilan memasak, Anda dapat mencoba berbagai resep yang di jual berbagai restoran. Jadi tidak perlu deh tuh makan di restoran, Anda dapat membuat makanan se enak yang dijual mulai dari makanan ringan, kue atau menu besar dengan bahan yang lebih murah dari segi harga dan memasak untuk seluruh keluarga.
Bayangkan penghematan yang bisa dibuat. makan di restoran kita bisa menghabiskan kira-kira 100 ribu rupiah per orang, dikalikan dengan 2 anggota keluarga lagi, misalnya, Rp 100 000 x 3 = Rp. 300 ribu sekali makan. Andai jika setiap minggu kebiasaan makan di luar adalah Rp. 300.000 x 4 = Rp. 1,2 juta perbulan.




5. Hobby Membaca
Senang membaca dapat membuka wawasan kamu dan menjadi jendela dunia, sama seperti pepatah. Jika Anda memiliki minat tinggi dalam hal membaca, apapun, sehingga mengetahui informasi penting yang benar-benar dapat menghemat uang.
Misalnya saja, jadi Anda tahu di mana supermarket yang sedang diskon.Juga bisa belajar banyak tentang KPR atau spesifikasi kendaraan seperti apa yang aman untuk kamu dan orang lain.