3 Hal Yang Harus Diperhatikan dan Dipersiapkan Sebelum Memasuki Usia Pensiun 



Banyak anak muda masih meremehkan usia pensiun.  Sebaliknya, sekarang seharusnya kita mempersiapkan segala sesuatu sebelum pensiun, untuk karyawan memang sudah ada seperti  Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS ketenagakerjaan.

Tapi apa itu cukup? Tentu saja tidak. dana pensiun sangat penting tetapi bukan satu-satunya yang terpenting. Anda perlu merencanakan dan mengelola pensiun dari sekarang.


Setidaknya 3 hal yang harus bisa kamu persiapkan sebelum memasuki masa pensiun. Apa kah itu?

1. Investasi

Pada usia produktif orang tua kita, istilah investasi tidak begitu populer. Tapi sekarang berinvestasi sudah menjadi instrumen wajib untuk memastikan keuangan kita aman. Berinvestasi saat ini berlaku untuk semua orang tanpa mengenal usia dan besarnya gaji.
Sekarang banyak instrument investasi yang murah dan aman. Contohnya adalah Reksadana dan investasi saham. Cukup dengan modal awal ratusan ribu rupiah sudah bisa menjadi investor.

Menumbuhkan kebiasaan investasi berarti juga menumbuhkan kebiasaan menghargai uang
Ini bukan hanya soal menanamkan uang. Dengan berinvestasi Anda juga akan dilatih perihal menghargai uang dan pentingnya masa depan.

2. Mempunyai Aset


Arti dari mempunyai asset sangat luas. Ini bisa berarti aset produktif/non-produktif, aset tidak bergerak dan aset bergerak. Dapat dibayangkan jika sudah di usia pensiun tetapi tidak memiliki aset apapun?
Semua aset ini mungkin tidak muncul dalam satu hari. Itu harus di pelihara dan di usahakan. Punyai target dari sekarang. Misalnya pada usia 30-an harus sudah memiliki properti dan mobil, usia 40-an memiliki bisnis sendiri, dan sebagainya.

3. Dana pensiun tambahan


di atas sudah disebutkan tentang JHT. Tapi tidak ada salahnya untuk menyisihkan sebagian kecil dari gaji kita untuk pensiun dalam bentuk bentuk Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).
Jangan hanya sibuk mencari uang, cari juga kegiatan untuk mengisi masa pensiun
DPLK hukumnya tidak sewajib JHT, sehingga tidak semuanya ikut. Saat ini, ada banyak lembaga keuangan, perusahaan asuransi dan bank yang punya layanan DPLK. Mekanismenya sama dengan menabung, sehingga untuk membayar iuran diambil persentase dari gaji kemudian dana yang terkumpul bisa di ambil pada masa pensiun.
Berbeda dengan tabungan,iuran peserta dikumpulkan dan di kelola dalam bentuk investasi oleh penyelenggara. Jadi jelas memberikan bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa.

Pensiun dengan nyaman adalah impian kita semua.
Bahwa masa depan bukanlah besok, tapi hari ini. Oleh karena itu, akan lebih baik dari sekarang Anda sudah berpikir tentang usia pensiun Anda.


Semangat……..