6 Cara Bagaimana Melakukan Optimasi Onpage Pada Blog atau Website Yang Baru Dibuat


Di tengah persaingan yang semakin sengit di dunia digital, terutama di situs web atau blog, Anda sebagai blogger harus mampu bersaing dengan cara yang baik.
Perlu memikirkan bagaimana membuat artikel yang Anda tulis dan terbitkan dapat diakses dan dibaca oleh pengguna Internet.
Salah satu caranya adalah melalui optimasi SEO di halaman tersebut. Bagaimana Anda melakukannya simak dibawah ini.


Sekilas tentang SEO Onpage
Bagi Anda yang sudah lama menjadi blogger, tentu saja Anda mengenal istilah SEO onpage.
SEO Onpage adalah upaya yang dilakukan oleh pemilik blog atau situs web untuk mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari.
Metode ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs. Onpage berhubungan dengan berbagai aspek yang berkaitan dengan situs web, seperti konten artikel.
Oleh karena itu, Anda harus membuat konten yang kontennya Anda yakini menarik dan membuat pengunjung betah di situs Anda untuk membaca artikel dan berinteraksi dengan orang lain.
Pengunjung terlama di situs Anda, menunjukkan kepuasan tertinggi pengunjung dengan konten yang disajikannya.
Inilah yang dicari Google dan akan membuat situs Anda memiliki peringkat tinggi.
Bagaimana cara mengoptimalkan halaman untuk situs web baru?
Anda dapat mengoptimalkan halaman di situs web baru Anda, sehingga Anda dapat bersaing dengan situs web yang lebih lama.

6 hal dibawah ini sebaiknya Anda perhatikan dan lakukan :

1. Kecepatan situs web (Page Speed)
Pengunjung secara alami lebih suka situs web yang memiliki waktu pemuatan cepat.
Beban situs web yang terlalu panjang akan ditinggal oleh pengunjung satu per satu.
Tentu Anda tidak ingin kehilangan pengunjung dan mengurangi traffic blog Anda?
Karena itu, pastikan situs web Anda memiliki kecepatan tinggi. Periksa secara teratur apakah situs web Anda tiba-tiba mengalami penyandian lambat dan segera perbaiki. Bagaimana cara mempercepat kecepatan situs?
• Gunakan layanan hosting yang sesuai untuk memastikan kecepatan pemuatan situs.
• Minimalkan iklan dan arahan ulang.
• Melakukan optimisasi kinerja komplemen.
• Bersihkan pengkodean HTML dan CSS.
• Lakukan optimasi dan kompresi gambar sehingga tidak memperlambat proses pemuatan.
• Jangan lupa menggunakan akun Google Analytic untuk memverifikasi kecepatan situs Anda, sehingga Anda dapat melakukan peningkatan jika situs web Anda masih memiliki kecepatan rendah.

2. Lakukan pertukaran social atau social sharing
Tip lain untuk mengoptimalkan onpage SEO situs web baru Anda adalah untuk memaksimalkan berbagi sosial.
Permudah pembaca blog Anda untuk membagikan artikel Anda di berbagai jejaring sosial.
Semakin banyak orang membagikan konten di jejaring sosial, yang memberi situs Anda peluang besar untuk menjangkau lebih banyak orang.
Ini tentu membantu Anda meningkatkan jumlah pengunjung dan meningkatkan traffic blog.
Karenanya, lengkapi situs web Anda dengan tombol untuk berbagi di jejaring sosial dan izinkan pembaca artikel Anda untuk berpartisipasi aktif dalam penyebaran konten artikel yang Anda buat.
Buat situs web Anda dengan benar untuk mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari.

3. Pilih kata kunci atau keyword yang tepat
Untuk mengoptimalkan SEO pada halaman, Anda harus memperhatikan kata kunci yang Anda gunakan. Ini adalah beberapa prinsip penting dalam penggunaan kata kunci:
• Pilih kata kunci sesuai dengan artikel. Tentukan beberapa kata kunci yang sesuai dengan subjek artikel yang Anda inginkan. Masukkan kata kunci terpisah di setiap paragraf tulisan. Namun, jangan mengisi artikel dengan kata kunci yang terlalu banyak, sehingga artikel tersebut tidak terbaca.
• Gunakan alat untuk menentukan kata kunci yang benar. Anda dapat menggunakan bantuan alat khusus seperti  Keyword Planner untuk membantu menentukan kata kunci yang benar.
• Tentukan jenis kata kunci yang ingin Anda gunakan. Apakah Anda ingin menggunakan kata kunci yang informatif seperti "cara mengoptimalkan situs web pada halaman" atau berdasarkan lokasi tertentu, misalnya, menyebut kota sebagai "layanan pembuatan situs web di Bandung". Sesuaikan jenis kata kunci sesuai dengan konten situs web dan artikel yang ingin Anda buat.
• Gunakan kata kunci yang serupa. Anda juga dapat menambahkan kata kunci lain yang mirip dengan kata kunci utama atau yang akrab dengan istilah kata kunci LSI. Kata kunci LSI (pengindeksan semantik laten) adalah kata atau sinonim yang mirip dari kata kunci yang Anda gunakan. Contoh kata kunci LSI yang dapat Anda lihat di halaman bawah hasil pencarian Google yang menampilkan beberapa opsi kata yang serupa.
4. Gunakan URL SEO friendly
Perhatikan tautan permanen atau string URL yang Anda gunakan, pastikan URL mudah dibaca dan berisi kata kunci. Pertimbangkan beberapa prinsip URL ramah SEO untuk pengoptimalan situs web.
• Deskripsi URL singkat tetapi mampu menggambarkan konten artikel.
• Masukkan kata kunci di URL.
• Gunakan tanda memisahkan (-) bukan menggarisbawahi (_) untuk memisahkan kata dalam URL.

5. Buat konten berkualitas
Setelah menentukan kata kunci yang benar, sekarang saatnya untuk membuat konten artikel berkualitas menggunakan kata kunci yang Anda pilih.
Buat artikel yang memiliki nilai bermanfaat bagi pembaca. Ada beberapa prinsip dalam pembuatan konten berkualitas, yaitu:
• Konten harus informatif. Buat artikel yang memberikan informasi penting kepada pembaca. Sehingga ketika pengunjung yang mengunjungi situs Anda mendapatkan informasi yang mereka cari.
• Gunakan bahasa yang mudah dimengerti. Misalkan pembaca Anda berasal dari semua lapisan masyarakat, apakah berpendidikan tinggi atau tidak. Oleh karena itu, bahasa yang Anda gunakan untuk menulis artikel harus menjadi bahasa yang mudah dipahami semua orang. Ini menggunakan bahasa sehari-hari, tetapi masih semi formal, sehingga mudah dimengerti.
• Pastikan judul yang menarik jelas dan singkat. Membuat judul artikel dapat mempengaruhi optimalisasi situs web situs web Anda. Karena itu, pilihlah judul yang menarik, ringkas dan jelas. Jangan lupa untuk melengkapi metadata deskripsi dalam isinya. Uraian meta ini akan muncul sebagai cuplikan hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Buat deskripsi yang kuat dan meyakinkan, untuk memberikan alasan mengapa pengguna Internet harus mengunjungi situs Anda dan membaca artikel.
• Gunakan subtitle. Saat membuat artikel di situs web, akan lebih baik jika Anda menggunakan subtitle untuk menjelaskan poin-poin penting yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca. Artikel yang menggunakan subtitle lebih mudah dipahami daripada artikel yang hanya berbentuk paragraf.
• Gunakan gambar atau video yang sesuai. Dukung konten Anda dengan menggunakan gambar atau video yang sesuai untuk konten artikel. Jangan lupa ganti nama file gambar dengan nama yang mengandung kata kunci. Foto atau video dapat membantu menjelaskan apa yang Anda tulis. Selain itu, artikel yang memiliki gambar atau video menjadi lebih menarik dan tidak membosankan saat membaca.

6. Template yang responsif
Cara mengoptimalkan situs web baru pada halaman yang tidak kalah pentingnya adalah dengan menggunakan templat situs web responsif.
Artinya, tampilan situs bisa menyesuaikan perangkat yang digunakan. Layar situs web akan secara otomatis mengikuti komputer, laptop, tablet atau smartphone.
Karena itu, pengguna dapat mengakses situs Anda dan membaca artikel di sana dengan nyaman.