Inilah 12 Ciri-ciri Backlink Yang Berkualitas Untuk Optimasi SEO Off-Page


Mendapatkan backlink dari situs web lain adalah strategi yang tidak boleh diabaikan jika Anda ingin membuat blog yang sukses. Karena backlink masih memainkan peran penting menuju halaman pertama Google.
Saat ini, tidak semua backlink sama. Ada backlink yang dapat meningkatkan posisi SERP dengan baik dan beberapa lainnya bahkan merusak. Oleh karena itu, lebih baik fokus untuk menciptakan backlink berkualitas untuk dapat manfaatnya.
Apa backlink berkualitas? Tentu saja, semua webmaster memiliki kriteria sendiri. Namun secara umum, semua webmaster akan setuju dengan karakteristik backlink berkualitas yang akan saya jelaskan di bawah ini:
Catatan: Ini tidak berarti bahwa Anda harus memenuhi semua kriteria backlink di bawah karena itu adalah sesuatu yang tidak realistis dan sulit. Jika memenuhi 3 atau 4 fitur backlink berkualitas, itu sudah cukup baik.




1. Dari sumber terpercaya
Link balik yang baik harus berasal dari sumber yang dapat diandalkan. Jika di Indonesia, seperti situs kompas, Wikipedia atau portal berita lainnya yang sudah memiliki brand.
Dengan kata lain, backlink dari situs spam atau situs yang memiliki konten tipis tidak akan banyak membantu Anda meningkatkan peringkat halaman.
Lebih mudah, jika Anda ingin menemukan backlink, cari situs yang sudah populer, bukan situs yang baru dibuat.

2. Variasikan sumber backlink
Sumber backlink adalah faktor lain yang secara langsung mempengaruhi peringkat halaman.
Untuk dipahami: mendapatkan 100 backlink dari 50 domain lebih baik daripada mendapatkan 1000 backlink dari 10 domain berbeda.
Intinya, variasikan sumber backlink yang mengarah ke situs Anda.

3. Jumlah backlink pada suatu halaman
Setiap halaman memiliki nilainya sendiri dalam angka yang diketahui Google. Nilai ini akan didistribusikan secara merata melalui link.
Karena itu, jika Anda mendapatkan backlink dari halaman yang memiliki sedikit link keluar, itu adalah pertanda baik dan termasuk backlink berkualitas.

4. Traffic tinggi
Saat ini, aktivis SEO hanya tahu bahwa backlink hanya berfungsi untuk meningkatkan peringkat pada halaman hasil pencarian. Meskipun ada fungsi lain dari backlink, yaitu untuk membawa traffic langsung dari sumber backlink.
Menurut pendapat saya, efek bola salju akan muncul jika Anda mendapatkan backlink dari situs lalu lintas tinggi, yaitu untuk secara sukarela mendapatkan backlink dari pembaca yang akan datang. Itulah sebabnya sebelum membuat backlink, satu-satunya tugas Anda adalah membuat konten berkualitas sehingga pembaca yang datang dari mana pun merekomendasikan penulisan, termasuk orang-orang yang berasal dari backlink di situs web lain.
Ini berarti peluang Anda untuk duduk di halaman pertama meningkat karena jumlah backlink meningkat.

5. Relevansi
Salah satu karakteristik backlink berkualitas yang paling mudah dilihat adalah relevansi antara "di mana link ditanam dan tujuan link". Misalnya, blog yang terkait dengan saran blog menyediakan link ke blog lain dengan topik serupa. Itu termasuk backlink berkualitas karena terlihat lebih alami di mata mesin pencari seperti Google dibandingkan dengan backlink yang berasal dari blog yang berhubungan dengan kesehatan.
Selain itu, backlink yang memiliki relevansi besar cenderung mendapatkan lebih banyak klik karena pembaca bersemangat tentang masalah yang diangkat (dengan asumsi mereka adalah blog niche).
Ingat, Google telah dapat membaca relevansi penggunaan Latent Semantic Indexing selama beberapa tahun.

6. Anchor Text yang Tepat
Faktor lain yang sangat berpengaruh adalah kata-kata yang digunakan dalam teks link alias anchor text. Misalnya, ia memiliki halaman berjudul "Panduan Belajar SEO", maka jangkar teks yang baik adalah "Panduan SEO", "Belajar SEO", "Cara belajar SEO" dan bagian dari itu. Tidak "Klik di sini" atau "Baca di sini."
Yang perlu diingat adalah Anda tidak menggunakan anchor text yang persis sama dengan judul, mengingat bahwa Google saat ini menganggapnya sebagai aktivitas spam karena link tersebut dianggap tidak wajar dan merupakan upaya untuk memanipulasi klasifikasi .
Idealnya, setiap link yang Anda dapatkan harus terlihat sealami mungkin: memvariasikan teks jangkar dari setiap link.

7. Bersifat Do Follow
Fitur lain yang tidak boleh Anda lupakan adalah atribut do follow. Do follow adalah sinyal bagi bot Google untuk mengikuti (dianggap sebagai suara) link yang ada. Jika tidak diikuti, maka backlink tidak berguna dalam optimasi off-page.
Catatan: secara default, semua link diikuti. Klik kanan pada halaman dan cari link yang mengarah ke situs Anda. Jika Anda menemukan atribut seperti ini: rel = "no follow", itu artinya backlink yang Anda peroleh tidak dihitung dalam proses menentukan rentang halaman.

8. Sulit didapat
Dengan perkembangan alat SEO di masa sekarang, sangat mudah untuk menemukan profil link sebuah situs web. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan alamat domain dan semua backlink yang mengarah ke situs dibuka. Termasuk backlink yang mengarah ke konten Anda.
Jika Anda hanya mendapatkan backlink dengan cara mudah, maka kemungkinan pesaing Anda dapat melakukannya dan mendapatkan backlink seperti milik Anda. Karena itu, semakin sulit untuk mendapatkan backlink dari suatu situs, maka itu adalah fitur backlink yang berkualitas karena para pesaingnya cenderung mundur untuk melakukannya.

9. Backlink-Backlink Situs Otoritas dalam Halaman yang Sama 
Jika backlink yang menunjuk ke situs Anda ditempatkan pada halaman yang juga memiliki link ke situs yang sangat otoritatif, Google akan menunjukkan situs Anda sebagai situs web berkualitas.
Tetapi, sebaliknya, jika backlink yang masuk ke situs Anda ada pada halaman yang juga memiliki link ke situs reputasi buruk (misalnya, blog spam atau pornografi), Google tidak boleh menandai situs Anda juga. negatif Seolah-olah jenis backlink ini tidak diperhitungkan dalam perhitungan peringkat halaman.

10. Contextual Link
Intinya adalah backlink yang ditemukan dalam konten atau publikasi. Link balik umpan balik atau yang dipublikasikan di footer dan sidebar juga kurang bermanfaat saat ini. Meskipun masih memiliki nilai yang melewati link jus, nilainya sangat kecil sehingga tidak akan banyak berpengaruh pada peningkatan peringkat halaman.

11. Domain Authority dan Page Authority Tinggi
Google terus menggunakan Page Rank sebagai penentu peringkat halaman. Hanya karena banyak spammer yang menyalahgunakan peringkat halaman sebagai spam, Google akhirnya mempertahankan nilai peringkat halaman publik.
Sejak itu, webmaster menggunakan nilai DA dan PA (dikembangkan oleh moz) untuk menentukan popularitas suatu situs web. Semakin tinggi PA dan DA, semakin baik situs web akan di mata Google.
Logikanya adalah backlink yang diperoleh dari halaman yang memiliki PA dan DA tinggi adalah jaminan kualitas. Lebih baik mendapatkan 1 backlink dari situs DA-80 dan PA-60 daripada 10 backlink dari situs DA-30 dan PA-20.

12. Bukan Resiprokal Backlink atau berbalasan
Di masa lalu, pertukaran link adalah kegiatan termudah untuk meningkatkan peringkat halaman blog. Cara kerjanya seperti ini : Anda memberikan backlink dan saya juga memberikan backlink. Saat ini tidak boleh dilakukan karena kemungkinan sanksi langsung dari Google.
Backlink berkualitas adalah backlink searah, di mana sebuah situs memperoleh backlink tanpa harus kembali dalam bentuk backlink.

Kesimpulan
Sekarang Anda tahu banyak tentang backlink berkualitas. Gunakan fungsi di atas untuk mencari backlink dan Anda akan segera memiliki dampak positif pada mesin pencari Anda. Hanya ada satu peringatan: jangan terlalu bersemangat sehingga Anda menerima banyak backlink dalam waktu singkat karena Google akan dianggap tidak wajar dan berisiko menerima penalti.