8 Keterampilan atau Keahlian Yang Harus Dimiliki Untuk Membangun Bisnis Yang Sukses



Kemampuan dalam berbisnis bukan datang secara kebetulan , tapi kamu bisa pelajari. Berbeda dengan ilmu ilmiah dan ilmu akademik yang terkadang bisa dipelajari dalam waktu singkat, keterampilan berbisnis dibutuhkan waktu yang lebih lama penguasaannya.
Lihat saja faktanya. Menemukan orang-orang dengan kemampuan akademik yang tinggi tidak terlalu sulit. Sedangkan untuk menemukan seseorang yang memiliki lebih dari lima keterampilan bisnis, tentu lebih sedikit jumlahnya.
Seringkali dibalik kesuksesan bisnis yang berkelanjutan di pengaruhi keterampilan dibawah ini. Jadi, tidak mengherankan bahwa mereka yang menguasai keterampilan berbisnis, rata-rata menempati tempat yang terhormat. Kadang-kadang menjadi panutan bagi orang-orang yang ingin sukses.
Wajib hukumnya menguasai berbagai keterampilan untuk mendukung suksesnya bisnis. Tidak hanya mereka bergantung pada modal yang besar. Anda ingin tahu keterampilan apa perlu untuk dipelajari untuk membangun bisnis yang sukses?




1. Pengaturan arus kas


Ini poin penting agar bisnis terus berputar. Mustahil bisnis bisa berjalan dan berkembang jika tidak dapat untung. Ingat ya, bisnis ini bukan untuk organisasi sosial nirlaba.
Bergeraknya bisnis pasti memerlukan uang tunai. Di sinilah kemampuan tersebut dibutuhkan untuk pengalokasian uang dengan benar dan menghindari pemborosan yang tidak perlu.
Ingat ada petuah yang mengatakan, money is not everything but almost everything needs money. Jadi Anda harus menggunakan uang dengan bijaksana dan memperlakukan dia sebagai pacar yang setia.




2. Solutif


Dalam berbisnis terkadang ada saat berjalan tidak lancar. Ada kalanya masalah yang timbul membuat bisnis terombang-ambing bahkan terancam. Saat-saat inilah sangat di perlukan keterampilan memacahkan masalah sekaligus mengujinya.
Memberikan solusi dalam waktu singkat merupakan bukti keterampilan telah dikuasai. Problem dalam berbisnis tidak bisa di hindari tapi dikelola.


3. Komunikasi


Pernahkah Anda memperhatikan gaya komunikasi pengusaha sukses? Pasti berbeda dari orang biasa. Isi pengusaha tersebut tentunya lebih berbobot dan berisi.
Dia dengan mudah mempengaruhi orang lain, pandai memilih kata yang tepat, dan mampu membangun atmosfer. Keterampilan komunikasi ini tidak diperoleh di sekolah tetapi berasal dari kebiasaan.


4. Inovatif dan kreatif

Jangan pernah lelah melakukan inovasi dan kreatif. Ini adalah keterampilan yang setiap saat harus dilatih. Berani untuk membuat inovasi dalam usaha agar lebih terlihat dan tampak lebih unik dan memiliki perbedaan dari orang lain.

5. Kemampuan untuk menjual


Dalam urusan bisnis selalu dekat dengan jual beli. Pada titik ini bahwa perusahaan harus menguasai kemampuan tersebut. Melalui teknik pemasaran, merumuskan strategi penjualan untuk mengidentifikasi pelanggan akan menjadi lebih mudah.
Bahkan pebisnis yang handal keterampilan pemasarannya mereka akan mampu mendikte pasar. Pandai membangun distribusi yang paling tepat untuk produk mereka agar mudah didapat atau diakses oleh konsumen. Biasanya pada saat yang sama, pesaing akan membuat referensi untuk produk serupa.


6.Negosiasi


Dalam berbisnis pasti melibatkan pihak lain. Di sinilah kemampuan untuk menegosiasikan menjadi sangat penting. Seorang pengusaha harus terbiasa untuk mendengarkan, mempelajari situasi, mengidentifikasi dan menemukan kesepakatan bersama.
Selain itu, pengusaha yang andal menghindari negosiasi yang bersifat menakutkan atau mengancam. Sebaliknya, ia akan mencari pilihan yang sama-sama menguntungkan semua pihak .


7. Kontrol emosi

Tidak boleh lupa juga untuk mengontrol emosi. Keputusan bisnis yang baik selalu didasarkan pada hal-hal yang rasional dan tidak emosional. Kadang-kadang emosi malahan membuat semua rencana hancur. Manfaat lain dari menguasai emosi adalah kita mampu berpikir jernih.

 8. Kemampuan Manajerial


Kemampuan managerial pengusaha yang baik, terlihat dari caranya mengkoordinisasikan orang-orang di sekelilingnya sekaligus bisa memaksimalkan potensinya.
Bagaimana mengkoordinasikannya? Akan masuk kedalam sistem. Sistem ini membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien sehingga mudah untuk mencapai produktivitas tinggi.

Kemampuan ini akan diuji pada saat yang kritis. Bagaimana membuat keputusan yang tepat pada saat yang tepat tanpa mengorbankan orang lain. Perlu diingat, bisnis selalu melibatkan orang lain.


Hal ini tidak mudah untuk memiliki semua keterampilan sekaligus. Tapi itu bukan berarti tidak mungkin. Ditekankan sekali lagi, semua keterampilan tersebut dapat dipelajari dan dikuasai. Pertanyaannya adalah, apakah bersedia untuk belajar? Orang-orang sukses memahami bahwa belajar tidak pernah mengatakan berhenti!