Simak 5 cara mencegah komentar spam di blog atau website


Hampir seluruh pemilik web atau blog sepakat bahwa komentar spam merupakan hal yang mengganggu. Selain tidak enak di lihat, kadang bahasa atau iklan yang tidak baik atau tidak relevan, komentar spam juga dapat menjadi pengalaman buruk bagi pengunjung blog atau website kita. Oleh karena itulah kita perlu mengurangi atau kalau bisa menghilangkan komentar spam dari web kita.


Berikut cara mencegah komentar spam di web atau blog :

1. Aktifkan system moderasi komentar. 

Kamu dapat mengaktifkan system moderasi komentar di website. Dengan demikian, tiap komentar yang tayang harus mendapatkan persetujuan dari admin terlebih dahulu. Jika memakai cara ini, kamu harus meluangkan waktu untuk memoderasi komentar.

2. Menggunakan plugin Akismet. 

Bagi pengguna Wordpress, kamu dapat menggunakan plugin ini yang akan menangani komentar spam yang masuk ke web kamu.

3. Mengaktifkan captcha. 

Selain itu, kita juga bisa menambahkan captcha di website, dengan demikian tiap kali orang berkomentar di web kita, mereka harus memasukkan verifikasi kata / teks / gambar tertentu. Di Blogger, sudah tersedia fitur ini. Kamu bisa mengaktifkan verifikasi kata melalui menu : setelan > postingan, komentar, dan berbagi. Kemudian pilih “ya” di bagian tampilkan verifikasi kata.

4. Menggunakan Disqus atau Jetpack. 

Disqus sangat banyak digunakan saat ini. Namun ada juga kekurangan sistem komentar ini yaitu teman-teman blogger tidak bisa meninggalkan alamat situs mereka karena Disqus tidak menyediakan kolom untuk mengisi alamat blog/website. Dengan meninggalkan “jejak” blog mereka di blog lain untuk mendapatkan trafik dari blog tersebut. Saling mengunjungi blog sahabat bloggers lain adalah salah satu cara yang sering dilakukan sesama blogger selama ini untuk berinteraksi satu sama lain. Jadi, kalau tidak ada kolom untuk meninggalkan alamat website, tentunya blogger lain akan enggan meninggalkan komentar di blog tersebut.

5. Menambahkan Check Box. 

Untuk Mengaktifkan Tombol Kirim Komentar. Menurut saya ini adalah salah satu cara termudah untuk menghalau para SPAMers yang meninggalkan komentar dengan cara manual. Untuk menambahkan Check Box tersebut bisa dilakukan dengan cara manual menambahkan code tertentu pada file comments.php. Bisa menggunakan plugin, yaitu dengan menginstal plugin GASP (Growmap Anti Spambot Plugin). Plugins ini tidak berbayar / gratis dan bisa ditemukan dengan menggunakan kolom search pada wordpress dengan mengetikkan keywords “Growmap Anti Spambot Plugin”, bisa juga dengan cara Download GASP dan upload melalui cpanel.

Dari kelima cara tersebut yang paling baik menurut saya adalah dengan moderasi komentar karena selain dapat memfilter spam juga mencegah hadirkan komentar negative seperti ujaran kebancian, hal-hal yang berbau sara dll. Namun memang cara ini menyita waktu kita. Atau jika memang di perlukan dan dirasa pas, kamu bisa juga menonaktifkan komentar di web.